Rabu, 03 Maret 2010

Aktifitasku di IRM Cabang Patikraja

Setelah mengenal IPM yang tahun 1993 mengalami perubahan menjadi IRM (Ikatan Remaja Muhammadiyah), setelah setahun aktif di ranting maka mulai tahun 1993 saya juga ikut Pimpinan Cabang IRM di Kecamatan Patikraja. Pertama saya menjadi ketua bidang Pengkajian dan Pengembangan Seni Budaya. Kegiatan yang pernah diselenggarakan adalah lomba olahraga dan seni antar remaja masjid dan TPA dan program yang gagal walaupun sudah diusahakan adalah mengadakan latihan bela diri Tapak Suci. Pada waktu itu sudah menghubungi Pimpinan Daerahnya yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto yang ternyata ketuanya ada di UMP. Karena masalah teknis menjelang puasa romadlon dan tenaga pelatih akhirnya belum bisa diselenggarakan. Dengan diajari Mas Agus Triono dan Ain Nuridlo aku dibimbing berorganisasi dan mengenal orang-orang yang ada di Kecamatan Patikraja dan dilatih mengajak remaja untuk kejalan yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam dan masyarakat. Dan pada tahun 1994-1995 aku dipercaya sebagai ketua PC IRM Patikraja. Kegiatan yang pernah diselenggarakan selain pengajian antara lain pengelolaan kegiatan perkaderan di MTs Muhammadiyah Patikraja dan SMP Muhammadiyah Kebasen. Pelatihan Ustadz-Ustadzah TPQ system Iqro’ bersama tim AMM Yogyakarta kegiatan diselenggarakan karena TPQ system Iqro baru dan mulai dikenal. Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang cukup banyak dari berbagai Kecamatan di sekitar Patikraja. Kegiatan ini tampaknya berhasil menggugah beberapa masjid untuk mendirikan TPQ dan memotivasi yang telah ada untuk menjadi lebik baik lagi. Oleh karenanya kami turut memonitoring dan terkadang mengisi acara-acara di TPQ seperti di TPQ Majid Al-Mukmin Karangendep, TPQ Masjid Fathurokhman Sokawera, TPQ Masjid Mujahidin Sawangan, TPQ Masjid Al-Falah Mandirancan Kebasen, TPQ Masjid Al-Inayah Notog, TPQ Masjid Baiturrokhman Kedungwuluh Lor, TPQ Masjid Baitul Muslimin Patikraja, TPQ Masjid Nurul Iman Sidabowa, dll. Kegiatan lain adalah menyelenggarakan pelatihan dai dan pelatihan khusus keputrian. Diantara sekian banyak teman, maka yang sering menemani keliling kampung dan desa-desa di Kecamatan Patikraja dan Kebasen adalah Nanang Gunawan yang pada waktu itu sebagai ketua bidang Pengembangan Ilmu Pengetahuan (PIP) yang sampai sekarang keilmuannya paling baik diantara teman-teman yang lain. Sekarang ia menjadi Dosen di Fakultas Teknik Unsoed dan juga konsultan teknik sipil telkomsel.
Dulu program unggulan bidang yang dipegangnya adalah diskusi bulanan, perpustakaan dan Try Out EBTA/EBTANAS. Diskusi bulanan bisa diselenggarakan menyesuaikan pertemuan yang bahkan pertemuannya hampir tiap minggu. Perpustakaan dapat terealisasikan ketika periode berikutnya tapi dibantu kami yang sama-sama telah ada di Semarang; Nanang Gunawan di Teknik Sipil Undip dan saya di Geografi IKIP Semarang. Kegiatan Ebta/Ebtanas bagi siswa SD se-Kecamatan Patikraja dan sekitarnya berhasil diselenggarakan dengan bekerjasama dengan Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Purwokerto.

Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter