Selasa, 13 April 2010

Pendekatan Mencari Tuhan

Fitrah Manusia
Fitrah artinya suci atau bersih yang pada dasarnya merupakan watak asli manusia. dalam masalah ketuhanan sebenarnya manusia pada dasarnya bertuhankan Alloh, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-A'rof ayat 172:
dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah aku ini Tuhanmu?" mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuban kami), Kami menjadi saksi". (kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya Kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",

Secara sadar ataupun tidak didalam hati manusia akan muncul kepercayaan adanya kekuatan yang MAHA segalanya yang manusia tidak bisa melawan terhadap kehendak-Nya tersebut. Hal tersebut terutama muncul pada saat manusia sedang tertimpa musibah, bencana, kecelakaan atau dalam kondisi genting maka ia akan menyebut “Oh My God” atau “Aduh Gusti” atau “Ya Robbi” ataupun ucapan lain yang semakna dengannya untuk memohon pertolongan-Nya.
Pada dasarnya pula manusia akan berada pada jalan kebenaran dan kesucian hati. Orang yang perilakunya bejatpun misalnya perampok, pelacur pun pada dasarnya tidak mau melakukan yang demikian atau paling tidak tidak menghendaki keluarnya berbuat seperti itu.
Dalam hal beragama maka sudah fitrah manusia untuk berislam dan jika ada yang diluar Islam maka itu adalah karena pengaruh lingkungan.
“Tiap-tiap bayi yang lahir adalah dalam keadaan fitrah (beriman kepada Alloh/tauhid), orangtuanyalah yang telah menjadikannya yahudi, nasrani atau majusi . (H.R. Bukhari dan Muslim)
Sebab Akibat (Kausalitas)
Alam semesta yang begitu luas tanpa batas (karena kemampuan manusia yang terbatas) bergerak sesuai aturan yang sempurna. Pergerakan yang sempurna tersebut bukanlah pergerakan yang secara kebetulan, namun telah dirancang dan didesain oleh yang Maha Sempurna pula. Langit, bumi, bintang-bintang, dan segala apa yang ada dialam semesta adalah bukti penciptan-Nya.
Adanya makhluk tentu ada pencipta (kholik). Apa yang dicipta harus tunduk dan patuh kepada yang mencipta. Dialah Alloh sang pencipta dan pencipta yang pertama (kausa prima) yang keberadaanya tidak sebagai hasil cipta dan sebagai pencipta ia berbeda dengan yang dicipta laisa kamislihi saiun.
Al-Quran Surat Al-Ikhlas:
1. Katakanlah: "Dia-lah Allah, yang Maha Esa.
2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,
4. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."
Dan Surat At-Thur: 35:
“Apakah mereka diciptakan tanpa sesuatupun ataukah mereka yang menciptakan (diri mereka sendiri)?”

Fenomena Alam
Segala sesuatu yang dapat dikenal oleh panca indera, perasaan dan pikiran kita adalah alam , dari barang yang kecil yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang sampai galaksi-galaksi yang begitu besar dan jauhnya dari kita namun dapat kita amati semuanya adalah tanda-tanda kebesaran Tuhan.
Adanya matahari dan bulan, siang dan malam, perputaran musim, hujan , gunung yang tinggi menjulang, lautan yang luas adalah kekuasaan-Nya.
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,(al-Imron: 190)
Maka hendaklah manusia memperhatikan dari Apakah Dia diciptakan? (athoriq:5)
Maka Apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana Dia diciptakan, dan langit, bagaimana ia ditinggikan? dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? dan bumi bagaimana ia dihamparkan? (al-Ghoziyah:17-20)
dan kamu Lihat gunung-gunung itu, kamu sangka Dia tetap di tempatnya, Padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (An-Naml:88)

Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter