Rabu, 27 Juni 2012

Bedah Buku Imam Robandi "Change & Movement"

Buku ini saya dapatkan ketika datang mewakili MTs Muhammadiyah Patikraja dalam acara launching SMPM 1 Karanglewas sebagai Pre International School. Kalau urusan mengunjungi acara dan kegiatan apalagi di Muhammadiyah saya pasti mau meskipun harus mengeluarkan uang sendiri tanpa SPPD yang ada sangunya karena saya biasa memberi sesuatu ke Muhammadiyah bukan mengharap sesuatu ke Muhammadiyah dan dalam menghadiri sesuatu pasti saya akan bisa belajar dan mendapatkan sesuatu. Saya semangat berangkat juga karena pengin tahu mengapa SMPM Karanglewas “kemaki” mengibarkan bendera Pre International School, nduwe modal apa jane?. Saya sempat kecele karena Ibu Atik (Kamad) hanya menyampaikan tempatnya di SMPM Karanglewas sehingga yang saya datangi adalah SMPM yang ada di Karanglewas Kidul. Sesampai di Karanglewas ternyata sepi dan saya baru ingat kalau SMPM Kecamatan Karanglewas ada dua yakni sama yang ada di desa Singosari sehingga aktifis Muhammadiyah dan anak IPM lebih sering menyebutnya SMPM Singosari dan saya sebagai mantan bendahara PD IRM Banyumas yang gaweane menarik ” upeti” alias Iuran Anggota ke sekolah-sekolah Muhammadiyah, ternyata SMPM Singosari adalah sekolah yang terlewatkan dalam perjalanan ke-IRM-an saya (pangapurane bae meng sedulurku sing nang Singosari) sehingga ketika meluncur ke SMPM Karanglewas 1 di Desa Singosari saya masih perlu tanya orang (masa mau tanya monyet yaa…) untuk sampai ke lokasi yang ternyata berada di pencrit mbesek dilereng Gunung Slamet. Ternyata acaranya cukup meriah; banyak tampilan anak, dihadiri oleh Pak Marjoko dan diisi ndalang seorang Profesor dari ITS (Insitut Teknologi Surabaya) yang menjabat sebagai wakil ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah. Aku bungah tapi juga mandan nlangsa, bungahe sebab seorang Profesor dan PP Muhammadiyah iso ndalang, nlangsane sebab aku tau latihan ndalang magel, dadi ora teyeng dakwah lewat ndalang. Disini kutemukan jawabannya, mengapa SMPM 1 Karanglewas kendel melaunching Pre International School. Ternyata ia telah terkena virus yang ditularkan oleh sang Profesor yang bernama Imam Robandi. Maka ketika ada buku karya Sang Profesor yang ditawarkan oleh panitia dari Nasyiatul Aisyiyah seharga Rp 60.000 saya langsung membeli dengan uang sendiri atau nanti sekolah mau mengganti kalau tidakpun saya rela mengeluarkan uang dengan harapan guru di MTs Muhammadiyah Patikraja dapat terkena penyakit serupa dengan SMPM 1 Karanglewas dan sekolah Muhammadiyah lainnya berupa perubahan paradigma dan crazy action (gawe istilah dewek; kereatif rapapa sing penting wani kemaki kendel kemlitak). Saat merancang jadwal Baitul Arqom Guru dan Karyawan Muhammadiyah Cabang Patikraja inilah saya mendapatkan ide memasukan materi bedah buku dari Sang Penggugah yang berjudul “Change and Movement”. Saya berharap ketua Majelis Dikdasmen PDM Banyumas yang sudah melalang buana ke Negeri Sakura mampu menjabarkan isi buku yang banyak bercerita juga tentang perjalanan penulis ke Negeri Matahari Terbit sehingga guru dan karyawan Muhammadiyah di Cabang Patikraja juga tertular penyakit seperti saudaranya yang telah menjadi penyakitan dan pesakitan. Saya hanya menyiapkan diri sebagai cadangan seandainya beliau berhalangan hadir. Buku setebal 374 halaman bagi saya umumnya seminggu baru selesai membacanya, tapi karena fontnya cukup besar dan gaya menulisnya cukup nyantai hampir seperti buku diary dan kebetulan saya lagi merindukan gaya tulisan yang fress n cool setelah sering banyak tugas kuliah untuk membaca buku dan menulis makalah dan mempersiapkan tesis yang banyak aturannya supaya kelihatan ilmiah, maka dengan semangat buku nyantai tersebut saya baca cuma dua hari disela Baitul Arqom dan kegiatan lain sekaligus mencatat sentilan-sentilan yang menurut saya cukup penting untuk saya sampaikan kepada rekan-rekan guru terutama guru Muhammadiyah, mudah-mudahan ada yang terklitiki dan akhirnya melek syukur gemregah tangi untuk membangun sekolahnya.

Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter