Minggu, 09 Desember 2012

PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA DINASTI MUGHAL



A. Pendahuluan
Pada awalnya Islam masuk ke India pada masa Khalifah al-Walid dari Dinasti Bani Umayyah melalui ekspedisi yang dipimpin oleh panglima Muhammad Ibn Qasim peradaban Islam mulai tumbuh dan menyebar di anak benua India. Kedudukan Islam di wilayah ini dan berhasil menaklukkan seluruh kekuasaan Hindu dan serta mengislamkan sebagian masyarakat India pada tahun 1020 M
Dinasti Mughal merupakan salah satu warisan peradaban Islam di India. Dinasti ini merupakan kelanjutan dari kesultanan Delhi yang melalui  perjuangan yang panjang  hingga akhirnya terbentuk sebuah dinasti di India yang memusat, yang merupakan suatu usaha membentuk sebuah kultur Islam yang didasarkan pada sebuah sintesa antara warisan bangsa Persia dan bangsa India..
Keberadaan dinasti ini telah menjadi motivasi kebangkitan baru bagi peradaban tua di anak benua India yang nyaris tenggelam. India merupakan suatu wilayah dimana tumbuh dan berkembangnya peradaban Hindu. Dengan hadirnya dinasti Mughal, maka kejayaan India dengan peradabannya yang nyaris tenggelam, kembali muncul.
Perkembangan sebuah peradaban tentunya melalui sebuah proses yang tidak terlepas dari proses pendidikan. Bagaimana proses perkembangan masyarakat di Dinasti Mughal dan bagaimana corak pendidikan Islam di Dinasti Muhga. Dengan mengkajinya semoga kita dapat mengetahui perkembangan Dinasti Mughal dan bagaimana corak pendidikan lslamnya sehingga kita bisa mengambil hikmah dari apa yang telah terjadi pada masa lalu di Dinasti Mughal.

B. Pembahasan
1. Sejarah Terbentuknya Kerajaan Mughal
Kerajaan Mughal merupakan kelanjutan dari kesultanan Delhi, sebab ia menandai puncak perjuangan panjang Untuk membentuk sebuah imperium India muslim yang didasarkan pada sebuah sintesa antara warisan bangsa Persia dan bangsa India. Sejak Islam masuk ke India pada masa Umayyah, yakni pada masa Khalifah al-Walid I (705-715) melalui ekspedisi yang dipimpin oleh panglima Muhammad Ibn Qasim tahun 711/712, peradaban Islam mulai tumbuh dan menyebar di anak benua India.
Kemudian pasukan Ghaznawiyah dibawah pimpinan Sultan Mahmud mengembangkan kedudukan Islam di wilayah ini dan berhasil menaklukkan seluruh kekuasaan Hindu dan serta mengislamkan sebagian masyarakat India pada tahun 1020 M. Gaznawi hancur muncullah beberapa dinasti kecil yang menguasai negeri India ini, seperti Dinasti Khalji (1296¬1316 M.), Dinasti Tuglag (1320-1412), Dinasti Sayyid (1414-1451), dan Dinasti Lodi (1451-1526). Hal ini menunjukkan bahwa Kerajaan Mughal bukanlah kerajaan Islam pertama di India. Jika pada dinasti-dinasti sebelumnya Islam belum menemukan kejayaannya, maka kerajaan ini justru bersinar dan berjaya. Keberadaan kerajaan ini dalam periodisasi sejarah Islam dikenal sebagai masa kejayaan kedua setelah sebelumnya mengalami kecemerlangan pada dinasti Abbasiyah.
Kerajaan ini didirikan oleh Zahiruddin Babur, seorang keturunan Timur Lenk. Ayahnya bernama Umar Mirza adalah penguasa Farghana, sedang ibunya keturunan Jenghis Khan. Menurut Abu Su'ud, Timur Lenk pernah ke India pada tahun 1399, namun karena iklim yang tidak cocok ia akhirnya meninggalkan India. Babur bukanlah orang India. Syed Mahmudunnasir menulis, Dia bukan orang Mughal. Di dalam memoarnya dia menyebut dirinya orang Turki. Akan tetapi, cukup aneh, dinasti yang didirikannya dikenal sebagai dinasti Mughal.
SebenarnyaMughal menjadi sebutan umum bagi para petualang yang suka perang dari Persia di Asia tengah, dan meskipun Timur (Timur Lenk-penulis) dan semua pengikutnya menyumpahi nama itu sebagai nama musuhnya yang paling sengit, nasib merekalah untuk dicap dengan nama itu, dan sekarang tampaknya terlambat untuk memperbaiki kesalahan itu. Ensiklopedia Islam bahkan menyebutkan “Mogul (Mughal-pen) didirikan oleh seorang penjajah dari Asia Tengah, Muhammad Zahiruddin Babur dari etnis Mongol”. Dari pendapat di atas, sesuatu yang dapat disepakati bahwa Kerajaan Mughal merupakan warisan kebesaran Timur Lenk, dan bukan warisan keturunan India yang asli.
Meskipun demikian, Dinasti Mughal telah memberi warna tersendiri bagi peradaban orang-orang India yang sebelumnya identik dengan agama Hindu. Babur mewarisi daerah Ferghana dari orang tuanya ketika ia masih berusia 11 tahun. Ia berambisi dan bertekad akan menaklukkan Samarkand yang menjadi kota penting di Asia masa itu. Pada mulanya ia mengalami kekalahan tetapi karena mendapat bantuan dari Raja Safawi Ismail I, akhirnya ia berhasil menaklukkan Samarkand tahun 1494 M.
Pada tahun 1504 M ia menduduki Kabul, ibu kota Afghanistan. Zahiruddin Babur mengambil alih kekuasaan dari Dinasti Lodi pimpinan Ibrahim Lodi yang tengah berkuasa di India. India pada saat itu tengah dilanda krisis sehingga stabilitas pemerintahan menjadi kacau. Alam Khan, paman dari Ibrahim Lodi, bersama-sama Daulat Khan, Gubernur Lahore, mengirim utusan ke Kabul, meminta bantuan Babur untuk menjatuhkan pemerintahan Ibrahim di Delhi. Babur berhasil menaklukkan Punjab pada tahun 1525. Kemudian pada tahun 1526, dalam pertempuran di Panipat, Babur memperoleh kemenangan dari tangan Ibrahim Lodi. Ibrahim sendiri terbunuh pada pertempuran itu. Babur bersama pasukannya memasuki kota Delhi untuk menegakkan pemerintahan di kota ini. Dengan ditegakkannya pemerintahan Babur di kota Delhi, maka berdirilah Kerajaan Mughal di India pada tahun 1526 M[1].

 

2. Pendidikan Pada Masa Mughal

Pada masa ini mucul Umran (sosiology), falsafah tarikh (philosophy of history) dengan munculnya Muqaddimah Ibnu Khaldum kitab pertama dalam bidang ini juga dalam masa ini disempurnakan penyusunan ilmu politik, ilmu tata usaha, ilmu peperangan, ilmu kritik sejarah. Di bawah kekuasaan Mughal aktifitas pendidikan terus berkembang sampai menduduki posisi penting pada setiap kebijakan pemerintah.
Babur (1526-1530 M.), mendirikan sebuah madrasah di Dili. Madrasah ini tidak hanya mengajarkan pengetahuan agama seperti madrasah lainnya, tetapi juga mengajarkan matematika, astronomi dan geografi. Dia juga membentuk Departemen Urusan Umum (shurat-i Amm) yang tugasnya mengembangkan sekolah-sekolah dan madrasah-madrasah.
Pada masa kekuasaan Akbar (1556-1605 M), sejumlah madrasah didirikan baik oleh pemerintah maupun individu. Akbar membangun sebuah madrasah di Fathpur Sikri, di Dili dibangun madrasah oleh Maham Aqna (ibu pengasuhnya) yang dikenal dengan arsitekturnya. Kurikulum madrasah berisi ilmu pengetahuan umum disamping ilmu pengetahuan agama. Pelajarannya meliputi matematika, agrikultura, geometri, astronomi, fisika, logika, filsafat alam, teologi, sejarah dan pendidikan agama.
Dengan melihat pelajaran-pelajaran yang diajarkan pada madrasah dan sekolah tersebut, maka metode yang dipahami adalah multi-metode. Aktivitas pendidikan yang kemudian sangat menonjol di India pada abad ke-18 dengan lahirnya gerakan mujahidin yang dicetuskan ole Syekh Waliyullah yang memberikan perhatian sangat serius pada pendidikan.
Gerakan mujahidin diteruskan oleh putranya Syah Abdul Azis yang menekankan  bahwa untuk  mencapai kemajuan harus mempelajari bahasa Eropa (bahasa Inggris) yang sebelumnya diharamkan. Kemudian dilanjutkan oleh Sir Syayid Ahmad Khan yang menyatukan bawha untuk  mencapai kemajuan harus kembali kepada ajaran Islam yang murni yaitu Al-Qur’an dan al-hadis. Dengan membersihkan tauhid dari kemusyrikan dan meninggalkan taqlid. Ijtihad diperlukan untuk  memperoleh interpretasi baru terhadap ayat-ayat Al-Qur’an dan al-hadis.
Sayyid Ahmad Khan berpendapat bahwa pendidikan merupakan jalan bagi umat Islam India untuk  mencapai kemajuan. Selain Syah Waliyullah, Sayyid Ahmad Khan, tokoh-tokoh pembaharu India lainnya adalah Sayyid Amir Ali, Muhammad Ali dan Abdul Kalam Azad.
Aktivitas pendidikan pada masa tiga kerajaan besar (Turki Usmani, Safawi dan Mughal), kendati tidak mengalami kemajuan seperti pada masa klasik dan masa sekarang, namun cukup berkembang dengan pesat dan mengalami kemajuan sesuai dengan ukuran zamannya.
Pendidikan pada masa Usmani dari sistem madrasah yang hanya mengajarkan agama ditambah dengan pelajaran umum, pada masa ini juga diadakan pembaharuan pendidikan Islam. Pada masa Safawi kemajuan pendidikan lebih menonjol pada bidang arsitektur dan seni yang menghasilkan bangunan yang mewah menurut zamannya. Pada masa Mughal, aktivitas pendidikan terus berkembang sampai menduduki penting pada setiap kebijakan pemerintah.
Dalam rangka memajukan kerajaan setiap tokoh dalam kerajaan besar ini sepakat bahwa hanya dengan memajukan pendidikanlah yang dapat mengantar kepada kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan.[2]

3. Kemajuan yang dicapai Kerajaan Islam Mughal
Perkembangan pendidikan dalam sebuah masyarakat akan berpengaruh terhadap bidang-bidang yang lain. Bidang-bidang yang cukup berkembang pada masa Dinasti Mughal antara lain:
a.. Bidang Politik dan Administrasi Kenegaraan
§  Perluasan wilayah dan konsolidasi kekuatan. Usaha ini berlangsung hingga masa pemerintahan Aurangzeb.
§  Pemerintahan daerah dipegang oleh seorang Sipah Salar (kepala komandan), sedang sub-distrik dipegang oleh Faujdar (komandan). Jabatan-jabatan sipil juga diberi jenjang kepangkatan yang bereorak kemiliteran. Pejabat-pejabat itu memang diharuskan mengikuti latihan kemiliteran. Akbar menerapkan politik toleransi universal (sulakhul). Dengan politik ini, semua rakyat India dipandang sama. Mereka tidak dibedakan karena perbedaan etnis dan agama. Politik ini dinilai sebagai model toleransi yang pernah dipraktekkan oleh penguasa islam. 
§  Pada Masa Akbar terbentuk landasan institusional dan geografis bagi kekuatan imperiumnya yang dijalankan oleh elit militer dan politik yang pada umumnya terdiri dari pembesar-pembesar Afghan, Iran, Turki, dan Muslim Asli India. Peran penguasa di samping sebagai seorang panglima tentara juga sebagai pemimpin jihad.
§  Para pejabat dipindahkan dari sebuah jagir kepada jagir lainnya untuk  menghindarkan mereka mencapai interes yang besar dalam sebuah wilayah tertentu. Jagir adalah sebidang tanah yang diperuntukkan bagi pejabat yang sedang berkuasa. Dengan demikian tanah yang diperuntukkan tersebut jarang sekali menjadi hak milik pejabat, kecuali hanya hak pakai.
§  Wilayah imperium juga dibagi menjadi sejumlah propinsi dan distrik yang dikelola oleh seorang yang dipimpin oleh pejabat pemerintahan pusat untuk mengamankan pengumpulan pajak dan untuk mencegah penyalahgunaan oleh kaum petani.
b. Bidang Ekonomi
§  Terbentuknya sistem pemberian pinjaman bagi usaha pertanian.
§  Adanya sistem pemerintahan lokal yang digunakan untuk mengumpulkan hasil pertanian dan melindungi petani. Setiap perkampungan petani dikepalai oleh seorang pejabat lokal, yang dinamakan muqaddam atau patel, yang mana kedudukan yang dimilikinya dapat diwariskan, bertanggungjawab kepada atasannya untuk menyetorkan penghasilan dan menghindarkan tindak kejahatan. Kaum petani dilindungi hak pemilikan atas tanah dan hak mewariskannya, tetapi mereka juga terikat terhadapnya.
§  Sistem pengumpulan pajak yang diberlakukan pada beberapa propinsi utama pada imperium ini. Perpajakan dikelola sesuai dengan system zabt. Sejumlah pembayaran tertentu dibebankan pada tiap unit tanah dan harus dibayar secara tunai. Besarnya beban tersebut didasarkan pada nilai rata-rata hasil pertanian dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil pajak yang terkumpul dipercayakan kepada jagirdar, tetapi para pejabat lokal yang mewakili pemerintahan pusat mempunyai peran penting dalam pengumpulan pajak. Di tingkat subdistrik administrasi lokal dipercayakan kepada seorang qanungo, yang menjaga jumlah pajak lokal dan yang melakukan pengawasan terhadap agen-agen jagirdar, dan seorang chaudhuri, yang mengumpulkan dana (uang pajak) dari zamindar.
§  Perdagangan dan pengolahan industri pertanian mulai berkembang. Pada masa Akbar konsesi perdagangan diberikan kepada The British East India Company (EIC) -Perusahaan Inggris-India Timur- untuk menjalankan usaha perdagangan di India sejak tahun 1600. Mereka mengekspor katun dan busa sutera India, bahan baku sutera, sendawa, nila dan rempah dan mengimpor perak dan jenis logam lainnya dalam Jumlah yang besar
c.   Bidang Agama
Pada masa Akbar, perkembangan agama Islam di Kerajaan Mughal mencapai suatu fase yang menarik, di mana pada masa itu Akbar memproklamasikan sebuah cara baru dalam beragama, yaitu konsep Din-i-Ilahi. Karena aliran ini Akbar mendapat kritik dari berbagai lapisan umat Islam. Bahkan Akbar dituduh membuat agama baru. Pada prakteknya, Din-i-Ilahi bukan sebuah ajaran tentang agama Islam. Namun konsepsi itu merupakan upaya mempersatukan umat-umat beragama di India. Sayangnya, konsepsi tersebut mengesankan kegilaan Akbar terhadap kekuasaan dengan symbol-symbol agama yang di kedepankan. Umar Asasuddin Sokah, seorang peneliti dan Guru Besar di Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyamakan konsepsi Din-i-Ilahi dengan Pancasila di Indonesia. Penelitiannya menyimpulkan, Din-i-llahi itu merupakan Pancasilanya bangsa Indonesia.
Perbedaan kasta di India membawa keuntungan terhadap pengembangan Islam, seperti pada daerah Benggal, Islam langsung disambut dengan tangan terbuka oleh penduduk terutama dari kasta rendah yang merasa disia-siakan dan dikutuk oleh golongan Arya Hindu yang angkuh. Pengaruh Parsi sangat kuat, hal itu terlihat dengan digunakanya bahasa Persia menjadi bahasa resmi Mughal dan bahasa dakwah, oleh sebab itu percampuran budaya Persia dengan budaya India dan Islam melahirkan budaya Islam India yang dikembangkan oleh Dinasti Mughal yakni:
§  Berkembangnya aliran keagamaan Islam di India. Sebelum dinasti Mughal, muslim India adalah penganut Sunni fanatik. Tetapi penguasa Mughal memberi tempat bagi Syi'ah untuk mengembangkan pengaruhnya.
§  Pada masa ini juga dibentuk sejumlah badan keagamaan berdasarkan persekutuan terhadap mazhab hukum, thariqat Sufi, persekutuan terhadap ajaran Syaikh, ulama, dan wali individual. Mereka terdiri dari warga Sunni dan Syi'i.
§  Aurangzeb berhasil disusun sebuah risalah hukum Islam atau upaya kodifikasi hukum Islam yang dinamakan fattawa alamgiri. Kodifikasi ini menurut hemat penulis ditujukan untuk meluruskan dan menjaga syari'at Islam yang nyaris kacau akibat politik Sulakhul dan Din-i- Ilahi.
d.  Bidang Seni dan Budaya
§  Munculnya beberapa karya sastra tinggi seperti Padmavat yang mengandung pesan kebajikan manusia gubahan Muhammad Jayazi, seorang penyair istana. Abu Fadhl menulis Akhbar Nameh dan Aini Akbari yang berisi sejarah Mughal dan pemimpinnya.
§  Kerajaan Mughal termasuk sukses dalam bidang arsitektur. Taj mahal di Agra merupakan puncak karya arsitektur pada masanya, diikuti oleh Istana Fatpur Sikri peninggalan Akbar dan Mesjid Raya Delhi di Lahore. Di kota Delhi Lama (Old Delhi), lokasi bekas pusat Kerajaan Mughal, terdapat menara Qutub Minar (1199), Masjid Jami Quwwatul Islam (1197), makam Iltutmish (1235), benteng Alai Darwaza (1305), Masjid Khirki (1375), makam Nashirudin Humayun, raja Mughal ke-2 (1530-1555). Di kota Hyderabad, terdapat empat menara benteng Char Minar (1591). Di kota Jaunpur, berdiri tegak Masjid Jami Atala (1405).
§  Taman-taman kreasi Moghul menonjolkan gaya campuran yang harmonis antara Asia Tengah, Persia, Timur Tengah, dan lokal.Sebab-sebab Kemajuan
Kerajaan Mughal tidak mencapai kejayaannya secara mudah. Bagaimanapun, umat Islam di masa ini termasuk golongan minoritas di tengah mayoritas Hindu. Namun Kerajaan Mughal tetap berhasil memperoleh kecemerlangan disebabkan faktor-faktor sebagai berikut:
·         Kerajaan Mughal memiliki pemerintahan dan raja yang kuat. Politik toleransi dinilai dapat menetralisir perbedaan agama dan suku bangsa, baik antara Islam-Hindu, Ataupun India-non India (Persia-Turki).
·         Hingga Pemerintahan Aurangzeb, rakyat cukup puas dan sejahtera dengan pola kepemimpinan raja dan program kesejahteraanny
·         Prajurit Mughal dikenal sebagai prajurit yang tangguh dan memiliki patriotisme yang tinggi. Hal ini diwarisi dari Timur Lenk yang merupakan para petualang yang suka perang dari Persia di Asia Tengah dan cukup dominan dalam ketentaraan.
·         Sultan yang memerintah sangat mencintai ilmu dan pengetahuan. Para Bangsawan Mughal mengemban tanggung jawab membangun masjid, jembatan, dan atas berkembangnya kegiataan ilmiah dan sastra.[3]

4.  Raja Yang Pernah Memerintah Kerajaan Mughal
Zaharuddin Babur adalah raja pertama sekaligus pendiri Dinasti Mughal di India. Masa pemerintahanya digunakan untuk membangun pondasi pemerintahan. Awal pemerintahanya, Babur masih menghadapi banyak pihak-pihak musuh, diantaranya orang-orang India yang tidak menyukai berdirinya Dinasti Mughal. Dinasti Lodi yang dipimpin Muhammad Lodi juga berusaha bangkit dan menentang pemerintahan Babur, namun semua itu dapat diatasinya.
 Sepeninggal Babur Dinasti Mughal diteruskan putranya yang bernama Humayun (1530-1556) M. . pada masa pemerintahan Humayun, ia juga masih menghadapi banyak pemberontakan. Ia berhasil mengalahkan Bahadur Syah yang berusaha melepaskan diri. Pada tahun 1450 terjadi kudeta yang dilakukan oleh Syar Khan dalam pertempuran di Qonuj. Ia melarikan diri ke Persia, setelah menyusun kekuatan selama 15 tahun ia berhasil merebut kembali tahta kerajaa.
Setelah Humayun wafat pada tahun 1556 ia digantikan oleh putranya Akbar. Ketika naik tahta ia baru berusia 14 tahun, sehingga seluruh urusan pemerintahan diserahkan kepada kepada Bairan Khan.
Pada awal pemerintahanya Akbar menghadapi pemberontakan sisa keturunan Sher Khan. pemberontakan yang paling besar adalah pemberontakan Himu yang menguasai Gwalior dan Agra. Bairam khan menyambut kedatangan pasukan tersebut sehingga terjadilah pertempuran dahsyat yaang disebut panipai II. Setelah Akbar dewasa ia  berusaha menyingkirkan Bairan Khan yang sudah mempunyai pengaruh besar, Bairan Khan memberontak namun dapat di kalahkas Akbar tahun 1561 M.
Kerajaan mughal mencapai puncak kejayaan pada masa kepemimpinan Akbar, generasi sesudah Akbar yaitu Janaghir, Syah Jahan, Aurangzeb masih dapat mempertahankan kejayaan tersebut. namun Raja-raja pengganti Aurangzeb merupakan penguasa yang lemah sehingga tidak dapat mengatasi kemerosotan politik dalam negeri.[4][4]
Selama masa pemerintahan Dinasti Mughal dipimpin oleh beberapa orang raja. Raja-raja yang pernah memerintah adalah Zaharuddin Babur (1526-1530), Humayun (1530-1556), Akbar (1556-1605), Jahangir (1605-1627), Syah Jahan (1627-1658), Aurangzeb (1658-1707), Bahadur Syah (1707-1712), Jehandar (1712-1713), Fahrukhsiyar (1713-1719), Muhammad Syah (1719-1748), Ahmad Syah (1748-1754), Alamghir II (1754-1760), Syah Alam (1760-1806), Akbar II (1806-1837), Bahadur Syah (1837-1858).

5.  Kemunduran dan Keruntuhan Kerajaan Mughal
Kerajaan Mughal mencapai puncak kejayaannya pada masa kepemimpinan Akbar (1556-1605). Generasi sesudah Akbar yaitu Jahangir (1605-1627), Shah Jahan (1627-1658), Aurangzeb (1658-1707) masih dapat mempertahankan kemajuan tersebut. Namun Raja-raja pengganti Aurangzeb merupakan penguasa yang lemah sehingga tidak mampu mengatasi kemerosotan politik dalam negeri.Tanda-tanda kemunduran sudah terlihat dengan indikator sebagaimana berikut:
a) Internal; Tampilnya sejumlah penguasa lemah, terjadinya perebutan kekuasaan, dan lemahnya kontrol pemerintahan pusat.
b) Eksternal; Terjadinya pemberontakan di mana-mana, seperti pemberontakan kaum Sikh di Utara, gerakan separatis Hindu di India tengah, kaum muslimin sendiri di Timur, dan yang terberat adalah invasi Inggris melalui EIC.
Dominasi Inggris diduga sebagai faktor pendorong kehancuran Mughal. Pada waktu itu EIC mengalami kerugian. Untuk menutupi kerugian dan sekaligus memenuhi kebutuhan istana, EIC mengadakan pungutan yang tinggi terhadap rakyat secara ketat dan cenderung kasar. Karena rakyat merasa ditekan, maka mereka, baik yang beragama Hindu maupun Islam bangkit mengadakan pemberontakan.
Mereka meminta kepada Bahadur Syah untuk menjadi lambang perlawanan itu dalam rangka mengembalikan kekuasaan kerajaan. Dengan demikian, terjadilah perlawanan rakyat India terhadap kekuatan Inggris pada bulan Mei 1857 M. Perlawanan mereka dapat dipatahkan dengan mudah. Inggris kemudian menjatuhkan hukuman yang kejam terhadap para pemberontak. Mereka diusir dari kota Delhi, rumah-rumah ibadah banyak yang dihancurkan, dan Bahadur Syah, raja Mughal terakhir, diusir dari istana (1858 M). Dengan demikian berakhirlah sejarah kekuasaan dinasti Mughal di daratan India.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan kekuasaan dinasti Mughal mundur dan membawa kepada kehancurannya pada tahun 1858 M yaitu:
1. Terjadi stagnasi dalam pembinaan kekuatan militer sehingga operasi militer Inggris di wilayah-wilayah pantai tidak dapat segera dipantau oleh kekuatan maritim Mughal.
2. Kemerosotan moral dan hidup mewah di kalangan elite politik, yang mengakibatkan pemborosan dalam penggunaan uang negara.
3. Pendekatan Aurangzeb yang terlampau "kasar" dalam melaksanakan ide-ide puritan dan kecenderungan asketisnya, sehingga konflik antaragama sangat sukar diatasi oleh sultan-sultan sesudahnya.
4. Semua pewaris tahta kerajaan pada paro terakhir adalah orang-orang lemah dalam bidang kepemimpinan.

C. Penutup
Dinasti Mughal di India telah membawa perubahan besar dalam masyarakat India. Perubahan tersebut tidak lepas dari proses pendidikan Islam yang telah diterapkan dimasa itu. Perubahan tersebut antara lain:
1.        Islam telah mewariskan dan memberi pengayaan terhadap khazanah kebudayaan India.
2.        Dengan hadirnya Dinasti Mughal, maka kejayaan India dengan peradaban Hindunya yang nyaris tenggelam kembali muncul.
3.        Pendidikan Islam Kejayaan yang dicapai Dinasti Mughal telah memberi inspirasi bagi perkembangan peradaban dunia.
4.        Dinasti Mughal telah berhasil membentuk kosmopolitan Islam-India daripada membentuk kulture muslim secara eklusif.
5.        Kemunduran suatu peradaban tidak lepas dari lemahnya kontrol elite penguasa, dukungan rakyat dan kuatnya sistem keamanan. Karena itu masuknya kekuatan asing dengan bentuk apapun perlu diwaspadai.





DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Choirul Rofiq, M. Fil. I, Sejarah Peradaban Islam (Dari Masa Klasik Hingga Modern), Yogyakarta; Nadi Offset



Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter