Pilihlah
jawaban yang paling tepat diantara A, B, C, D atau E yang sesuai dengan
pernyataan sebelumnya dari tiap-tiap nomor dengan cara memberi tanda (X) pada
lembar jawab yang tersedia !
1.
Sikap ilmiah yang harus
dimiliki oleh seorang siswa dalam melakukan eksperimen adalah…..
A. bekerja keras dan
tergesa-gesa
B. ingin tahu dan subjektif
C. jjur dan objektif
D. jujur dan subjektif
E. subjektif dalam
menuangkan ide
2.
Perhatikan judul
penelitian berikut!
“Pengaruh
Air Terhadap Kecepatan Perkecambahan Biji Kacang Hijau”
Variabel
bebas, variabel kontrol, dan variabel terikat berdasarkan judul di atas secara
berturut-turut adalah…..
A. Tempat
Perkecambahan, Jenis Biji Kacang Hijau, Kecepatan Perkecambahan Biji Kacang Hijau
B. Jumlah
Air, Kecepatan Perkecambahan Biji Kacang Hijau, Tempat Perkecambahan
C. Kecepatan
Perkecambahan Biji Kacang Hijau, Jenis Biji Kacang Hijau, Tempat Perkecambahan
D. Jumlah
Air, Jenis Biji Kacang Hijau, Kecepatan Perkecambahan Biji Kacang Hijau
E. Jenis
Biji Kacang Hijau, Jumlah Air, Kecepatan Perkecambahan Biji Kacang Hijau
3.
Seorang siswa ingin
memecahkan suatu masalah secara ilmiah. Urutan tahapan metode ilmiah yang harus
ditempuh siswa adalah…..
A. mengumpulkan data – merumuskan
masalah – eksperimen
– hipotesa
– kesimpulan
B. merumuskan masalah –
hipotesa –
mengumpulkan data –
eksperimen – kesimpulan
C. mengumpulkan data – eksperimen
–
merumuskan masalah –
hipotesa – kesimpulan
D. merumuskan masalah –
eksperimen –
mengumpulkan data –
hipotesa – kesimpulan
E. merumuskan masalah – mengumpulkan
data – hipotesa
– eksperimen
– kesimpulan
4.
Perhatikan tingkatan
organisasi makhluk hidup berikut!
a. sel
b. komunitas
c. sistem
organ
d. organ
e. populasi
f. individu
g. ekosistem
h. biosfer
Urutan
tingkatan makhluk hidup dari tingkat yang paling tinggi ke tingkat paling
rendah adalah…..
A. a–b–c–d–e–f–g–h
B. h–g–b–e–f–c–d–a
C. h–g–f–e–d–c–b–a
D. a–d–c–f–e–b–g–h
E. h–b–g–e–f–c–d–a
5.
Kelompok padi,
sekumpulan ulat, dan beberapa burung sawah yang hidup di sebidang sawah,
berdasarkan konsep ekologi merupakan suatu…..
A. spesies
B. individu
C. populasi
D. komunitas
E. ekosistem
6.
Rumusan masalah dari
judul penelitian “Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Kecambah” adalah…..
A. adakah pengaruh cahaya
terhadap pertumbuhan kecambah?
B. cahaya berpengaruh
terhadap pertumbuhan kecambah
C. bagaimana pengaruh
hormon terhadap pertumbuhan kecambah?
D. mengapa perendaman pada
suhu hangat menyebabkan kecambah cepat tumbuh?
E. untuk mengetahui
pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kecambah
7.
Cabang biologi yang memegang
peranan penting untuk mengetahui cara mengatasi permasalahan semut di perumahan
adalah…..
A. Entomologi
B. Taksonomi
C. Ornitologi
D. Zoologi
E. Herpentologi
8.
Perhatikan ciri-ciri
makhluk hidup berikut!
1) Berukuran ultra mikroskopis
2) Materi genetiknya DNA dan RNA
3) Dapat dikristalkan
4) Termasuk prokariotik
5) Bereproduksi dengan membelah diri
6) Tidak memiliki protoplasma
Ciri-ciri
yang dimiliki oleh virus ditunjukkan oleh nomor…..
A. 1),
2), dan 3)
B. 1),
3), dan 6)
C. 2),
3), dan 6)
D. 2),
4), dan 5)
E. 4),
5), dan 6)
9.
Virus digolongkan
sebagai makhluk hidup karena…..
A. dapat dikristalkan
B. tidak memiliki
sitoplasma, inti, dan selaput plasma
C. dapat memperbanyak diri
dalam sel hidup
D. dapat diendapkan dengan
sentrifugasi biasa
E. memiliki asam nukleat
berupa DNA dan RNA
10.
Virus
digolongkan ke dalam makhluk tidak hidup, sebab virus…..
A. mampu
melakukan replikasi
B. mempunyai
RNA atau DNA
C. hidup
pada jaringan hidup
D. terdiri
dari senyawa organik
E. dapat dikristalkan
11.
Perhatikan gambar
berikut!
Virus
yang sering menyerang bakteri ditunjukkan oleh nomor…..
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
12.
Pasangan yang benar
antara penyakit dan virus yang menyerang adalah…..
|
Nama
Penyakit
|
Nama
Virus
|
A
|
Campak
|
Virus Morbili
|
B
|
Gondong
|
VCV
|
C
|
Infeksi Mulut
|
Tungro
|
D
|
NCD
|
Cowpox
|
E
|
Demam Berdarah
|
FMD
|
13.
Cermati jenis-jenis
virus berikut!
1) Rhabdovirus
2) Adenovirus
3) Othomixovirus
4) TMV
5) Virus
Tungro
Virus
yang dapat menyerang tumbuhan ditunjukkan oleh nomor…..
A. 1)
dan 2)
B. 1)
dan 3)
C. 2)
dan 4)
D. 3)
dan 4)
E. 4)
dan 5)
14.
Tahapan yang benar dari
daur litik adalah…..
A. absorpsi
– penetrasi
– replikasi
–
penggabungan –
perakitan –
lisis
B. adsorpsi
–
penetrasi –
eklifase –
replikasi –
perakitan –
lisis
C. adsorpsi
–
penetrasi –
replikasi –
eklifase –
perakitan –
lisis
D. adsorpsi
–
penetrasi –
penggabungan –
replikasi –
pembelahan –
lisis
E. adsorpsi
–
eklifase –
replikasi –
penggabungan –
perakitan –
lisis
15.
Perhatikan daur
lisogenik pada virus!
Berdasarkan
gambar di atas, tahapan yang benar daur lisogenik adalah…..
A. adsorpsi
dan penetrasi –
eklifase –
sintesis –
replikasi –
litik
B. penetrasi
dan adsorpsi –
eklifase –
replikasi –
perakitan –
litik
C. adsorpsi
dan penetrasi –
penggabungan –
pembelahan –
pemisahan –
litik
D. adsorpsi
dan penetrasi –
eklifase –
pembelahan –
pemisahan –
litik
E. adsorpsi
dan penetrasi –
penggabungan –
replikasi –
perakitan –
litik
16.
Perhatikan gambar
berikut!
Bakteri
yang memiliki flagella pada gambar di atas adalah…..
A. atrik
B. monotrik
C. amfitrik
D. lofotrik
E. peritrik
17.
Perhatikan gambar
berikut!
Berdasarkan
gambar di atas, fungsi bagian yang ditunjuk oleh nomor 5 dan 9 adalah…..
A. tempat sintesis protein
dan alat perlekatan
B. tempat sintesis protein
dan alat pertahanan
C. tempat terjadinya reaksi
kimia dan alat pertahanan
D. tempat penghasil energi
dan alat pelindung
E. pengendali aktivitas sel
dan alat transport ion organik
18.
Bakteri yang mampu
membentuk senyawa organik dari zat-zat anorganik menggunakan energi kimia
disebut bakteri…..
A. fotoautotrof
B. kemoautotrof
C. patogen
D. anaerob
E. aerob
19.
Bakteri yang
dimanfaatkan dalam pembuatan nata de coco adalah…..
A. Lactobacillus
B. Streptococcus
C. Corynebacterium
D. Acetobacter
E. Halobacteria
20.
Pehatikan
mikroorganisme hasil pemeriksaan air!
1) Salmonella typhi
2) Clostridium tetani
3) Shigella dysentriae
4) Escherichia coli
5) Treponema pallidum
Bakteri
yang dapat menyebabkan penyakit tifus ditunjukkan oleh nomor…..
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
21.
Berikut ini jenis
Archaebacteria yang hidup di lingkungan suhu ekstrim adalah…..
A. Halobacterium
B. Methanobacterium
C. Sulfolobus
D. Cyanobacteria
E. Rhizobium
22.
Reproduksi seksual
bakteri dengan cara perpindahan materi genetik dari satu bakteri ke bakteri
melalui perantara bakteriofag disebut…..
A. pembelahan
biner
B. transduksi
C. transformasi
D. konjugasi
E. pertunasan
23.
Perhatikan ciri-ciri organisme
berikut!
1) Bersifat
eukariotik
2) Terdiri
atas satu sel
3) Mempunyai
alat gerak berupa bulu cambuk
4) Dapat
membentuk endospora
5) Hidup
soliter dan berkoloni
Ciri
yang dimiliki oleh bakteri ditunjukkan oleh nomor…..
A. 1),
2), dan 3)
B. 1),
3), dan 5)
C. 2),
3), dan 4)
D. 2),
4), dan 5)
E. 3),
4), dan 5)
24.
Dari pengamatan setetes
air, seorang siswa menemukan mikroba dengan ciri sebagai berikut.
1) Uniseluler
2) Mempunyai
alat gerak berupa flagel
3) Mengandung
pigmen klorofil
Berdasarkan
ciri di atas, mikroba tersebut termasuk dalam kelompok…..
A. Chlorophyta
B. Bacillariophyta
C. Chrysophyta
D. Rhodophyta
E. Euglenophyta
25.
Anggota Protozoa ini
mempunyai penonjolan protoplasma sebagai kaki semu untuk alat gerak dan
fagositosis makanan. Mikroorganisme yang dimaksud adalah…..
A. Euglena
B. Amoeba
C. Vorticella
D. Paramecium
E. Plasmodium
26.
Perhatikan gambar
siklus hidup Plasmodium berikut!
Berdasarkan
gambar siklus hidup Plasmodium di atas, bagian yang ditunjuk oleh huruf A, B,
dan C berturut-turut adalah…..
A. Ookinet,
Sporozoit, dan Gametosit
B. Gametosit,
Sporozoit, dan Ookinet
C. Sporozoit,
Ookinet, dan Gametosit
D. Gametosit,
Ookinet, dan Sporozoit
E. Sporozoit,
Gametosit, dan Ookinet
27.
Perhatikan jenis
Protozoa berikut!
1) Euglena
2) Amoeba
3) Vorticella
4) Paramecium
5) Plasmodium
Berdasarkan
data di atas, yang termasuk Cilliata ditunjukkan oleh nomor…..
A. 1)
dan 2)
B. 2)
dan 3)
C. 2)
dan 4)
D. 3)
dan 4)
E. 4)
dan 5)
28.
Berikut ini yang bukan
termasuk ciri Protozoa adalah…..
A. secara umum dapat
melakukan fotosintesis karena memiliki kloroplas
B. reproduksi aseksual
dengan cara pembelahan biner
C. memiliki alat gerak,
salah satunya bulu getar
D. organisme uniseluler
E. memiliki inti eukariotik
29.
Asam alginat merupakan
bahan pembuat gel untuk industri makanan yang mirip dengan permen karet.
Kelompok alga yang menghasilkan asam alginat adalah…..
A. Gelidium
B. Laminaria
C. Spirogyra
D. Euglena
E. Noctiluca
30.
Bacillariophyta
memiliki cangkang yang dapat dimanfaatkan untuk…..
A. membuat agar-agar
B. campuran membuat bata
merah
C. pakan ternak karena
mengandung protein tinggi
D. campuran pembuatan semen
dan dinamit
E. dikonsumsi manusia
31.
Perhatikan ciri-ciri anggota
Chlorophyta berikut!
1) Bentuk
sel seperti benang
2) Kloroplas
berbentuk seperti mangkuk
3) Habitat
di air tawar
4) Menempel
pada batu karang di sepanjang pantai
5) Reproduksi
aseksual dengan membelah diri
6) Reproduksi
seksual secara konjugasi
Spirogyra
memiliki ciri-ciri yang ditunjukkan oleh nomor…..
A. 1),
2), dan 3)
B. 1),
3), dan 6)
C. 2),
4), dan 5)
D. 2),
4), dan 6)
E. 4),
5), dan 6)
32.
Berikut ini yang
termasuk ciri Myxomycota adalah…..
A. Reproduksi
aseksualnya dengan zoospora
B. Bergerak
dengan kaki semu
C. Bertubuh
cerah, misal berwarna kuning atau oranye
D. Dinding
sel tersusun atas polisakarida
E. Habitatnya
di tumbuhan atau batang kayu yang roboh
33.
Protista mirip jamur
yang hidupnya menempel sebagai parasit pada organisme seperti ikan dan serangga
adalah…..
A. Saprolegnia parasitica
B. Phytophthora infestans
C. Phytophthora cinnamomi
D. Phytophthora debaryanum
E. Plasmospora viticola
34.
Perhatikan ciri-ciri
protista mirip jamur berikut!
1) Bersifat
sebagai parasit
2) Tersusun
atas benang hifa yang bersifat soenositik
3) Dinding
selnya tersusun atas selulosa
4) Habitatnya
di tempat lembap
5) Reproduksi
seksual dengan oospora dan reproduksi aseksual dengan zoospore
Berdasarkan
ciri-ciri tersebut dimiliki oleh…..
A. Phytophthora infestans
B. Downy mildew
C. Pythium sp.
D. Physarium
E. Lycogala
35.
Jamur Zygomycotina yang
berperan dalam pembuatan tempe adalah…..
A. Mucor hiemalis
B. Rhizopus stolononifer
C. Beauveria bassiana
D. Rhizopus oligosporus
E. Metarrhisium anisopliae
36.
Perhatikan jenis-jenis
spora jamur berikut!
1) Basidiospora
2) Askospora
3) Konidia
4) Zigospora
5) Blastophora
Spora seksual dan aseksual pada jamur
Basidiomycotina secara berturut-turut ditunjukkan oleh nomor…..
A. 1)
dan 2)
B. 1)
dan 3)
C. 2)
dan 4)
D. 3)
dan 4)
E. 4)
dan 5)
37.
Spora seksual pada
jamur Ascomycotina disebut…..
A. Zigospora
B. Basidiospora
C. Konidia
D. Blastophora
E. Askospora
38.
Perhatikan ciri-ciri
jamur berikut!
1) Mempunyai
hifa tidak bersekat
2) Tubuh
buahnya berbentuk seperti payung
3) Reproduksi
aseksual dengan cara fragmentasi
4) Reproduksi
seksual dengan membentuk basidiospora
5) Sebagian
besar parasit pada tumbuhan
Ciri-ciri
jamur pada divisi Basidiomycota ditunjukkan oleh nomor…..
A. 1)
dan 2)
B. 2)
dan 3)
C. 2)
dan 4)
D. 3)
dan 4)
E. 3)
dan 5)
39.
Pasangan antara jamur
dengan peranannya dalam tabel berikut yang benar adalah…..
|
Jamur
|
Fungsi
|
A
|
Mucor mucedo
|
Menguraikan kotoran hewan
|
B
|
Mucor hiemalis
|
Menguraikan kotoran hewan
|
C
|
Metarrhisium
anisopliae
|
Mengendalikan hama wereng
|
D
|
Rhizopus
oryzae
|
Menghasilkan asam fumarat
|
E
|
Pilobolus
|
Fermentasi susu kedelai
|
40.
Perhatikan nama-nama
jamur berikut!
1) Rhizopus stolononifer
2) Saccharomyces cerevisiae
3) Penicillium islandicum
4) Neurospora
5) Aspergillus niger
6) Aspergillus wentii
Jamur
yang bersifat merugikan ditunjukkan oleh nomor…..
A. 1),
2), dan 3)
B. 1),
3), dan 5)
C. 1),
3), dan 6)
D. 2),
4), dan 6)
E. 4),
5), dan 6)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar