KISI-KISI SOAL MADRASAH ALIYAH | |||||
SEMESER GASAL KELAS X | |||||
TAHUN PELAJARAN 2016-2017 | |||||
Jenis Sekolah | : MA Muhammadiyah Purwokerto | Alokasi Waktu | : 90 menit | ||
Mata Pelajaran | : PKn | Jumlah Soal | : 50 | ||
Kurikulum | : KTSP | Penulis | : Dani Leksana, S.Pd | ||
NO | SK/KD | MATERI | INDIKATOR | BENTUK TES | NO SOAL |
1 | 1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara | Manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial | Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial | PG | 1 |
Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa | Menjelaskan pengertian bangsa | PG | 2 | ||
Pengertian dan unsur terbentuknya negara | Menjelaskan pengertian negara | PG | 3 | ||
Menyebutkan unsur-unsur terbentuknya negara | PG | 4 | |||
Menjelaskan unsur konstitutif berdirinya negara | PG | 5 | |||
Menyebutkan bentuk pengakuan suatu negara | PG | 6 | |||
Menyebutkan sifat negara | PG | 7 | |||
2 | 1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan | Teori berdirinya negara | Menjelaskan teori berdirinya negara | PG | 8 |
Menjelaskan teori Anexatie berdirinya suatu negara | PG | 9 | |||
Bentuk negara dan kenegaraan | Menjelaskan bentuk negara | PG | 10 | ||
Menjelaskan arti penting pengakuan dari negara lain bagi suatu negara | PG | 11 | |||
Menjelaskan bentuk kenegaraan | PG | 12 | |||
3 | 1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI | Tujuan NKRI | Menyebutkan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia | PG | 13 |
Menjelaskan makna yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 alinia pertama | PG | 14 | |||
4 | 1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | Paham kebangsaan | Menjelaskan pengertian nasionalisme | PG | 15 |
Menjelaskan pengertian faham chauvinisme | PG | 16 | |||
Menyebutkan contoh sikap patriotisme sebagai seorang pelajar | PG | 17 | |||
5 | 2.1 Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional | Pengertian hukum | Mendeskripsikan pengertian hukum | PG | 18 |
Penggolongan hukum | Menjelaskan penggolongan hukum | PG | 19 | ||
Sumber hukum | Mendeskripsikan sumber hukum formal | PG | 20 | ||
Menjelaskan makna ius constitum | PG | 21 | |||
6 | 2.2 Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan | Tahapan proses peradilan | Menyebutkan tahapan dalam proses peradilan | PG | 22 |
Peran lembaga peradilan | Menyebutkan tugas Mahkamah Konstitusi | PG | 23 | ||
Menyebutkan tugas Komisi Yudisial | PG | 24 | |||
Menyebutkan alat kelengkapan lembaga peradilan | PG | 25 | |||
Menjelaskan pengadilan koneksitas | PG | 26 | |||
Menjelaskan pengertian kasasi | PG | 27 | |||
7 | 2.3 Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku | Sikap sesuai dengan ketentuan hukum | Menunjukkan contoh sikap taat terhadap hukum dalam lingkungan madrasah | PG | 28 |
Mengidentifikasi macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum | PG | 29 | |||
Menunjukkan contoh sikap taat hukum dalam lingkungam masyarakat | PG | 30 | |||
8 | 2.4 Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | Pengertian korupsi | Menjelaskan pengertian korupsi | PG | 31 |
Tindakan yang dikategorikan korupsi | Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi | PG | 32 | ||
Dasar hukum tindak pidana korupsi di Indonesia | Menyebutkan undang undang yang mengatur tentang tindak pidana korupsi | PG | 33 | ||
9 | 2.5 Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | Lembaga anti korupsi | Menyebutkan tujuan dibentuknya KPK | PG | 34 |
Menyebutkan Contoh sikap anti korupsi | PG | 35 | |||
Menyebutkan organisasi anti korupsi | PG | 36 | |||
Upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | Menyebutkan Contoh upaya preventif pemberantasan korupsi di Indonesia | PG | 37 | ||
Menyebutkan Contoh upaya represif pemberantasan korupsi di Indonesia | PG | 38 | |||
10 | 3.1 Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM | Hakekat HAM | Menyimpulkan pengertian HAM | PG | 39 |
Menyimpulkan ciri hak asasi manusia | PG | 40 | |||
Menyebutkan contoh hak asasi pribadi | PG | 41 | |||
Instrumen HAM Nasional | Menyebutkan instrumen HAM nasional | PG | 42 | ||
Pelanggaran HAM | Mengidentifikasi contoh pelanggaran HAM berat di Indonesia | PG | 43 | ||
11 | 3.2 Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia | Lembaga hak asasi manusia di Indonesia | Menjelaskan tujuan dibentuknya KOMNASHAM | PG | 44 |
Menjelaskan tugas Komisi Perlindungan Anak Indonesia | PG | 45 | |||
Menjelaskan Pangadilan Hak Asasi Manusia Ad Hoc | PG | 46 | |||
Instrumen HAM Nasional | Menunjukkan jaminan perlindungan HAM di Indonesia berdasarkan UUD 1945 | PG | 47 | ||
12 | 3.3 Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional HAM | Instrumen HAM Internasional | Mendeskripsikan pengertian kovenan | PG | 48 |
Mendeskripsikan sejarah munculnya Universal Declaration of Human Right | PG | 49 | |||
Pelanggaran HAM luar biasa | Menjelaskan kejahatan Genosida | PG | 50 | ||
Purwokerto, 10 Oktober 2016 | |||||
Penyusun, | |||||
Dani Leksana, S.Pd | |||||
Sabtu, 12 November 2016
Kisi-Kisi Soal UAS PKn Semester Ganjil SMA/MA Kelas X 2016/2017
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Tidak ada komentar:
Posting Komentar