Minggu, 30 Mei 2010

PREDIKSI UJIAN KENAIKAN KELAS VII MAPEL IPS MADRASAH TSANAWIYAH 2009/2010

A. Pilihlah dengan memberi tanda silang pada a,b,c atau d yang merupakan jawaban yang paling tepat!
1. Tiruan bola bumi dalam bentuknya yang bulat dinamakan …..
a. peta b. atlas c. globe d. skala
2. Peta yang menggambarkan kenampakan tertentu dari suatu wilayah, misalnya pola curah hujan dan penyebaran penduduk, termasuk jenis peta…
a. umum b. tematik c. topografi d. geografi
3. Garis yang membagi bumi menjadi dua bagian yang sama besar bagian utara dan selatan disebut garis …
a. bujur b. lintang c. khatulistiwa d. meredian
4. Skala menurut bentuknya dibedakan menjadi ….
a. skala garis dan angka c. skala geografis dan astronomis
b. skala besar dan kecil d. skala titik dan bidang
5. Sebuah peta aslinya berskala 1: 1.000.000 lalu diperbasar 2 kalinya maka skala peta yang baru menjadi ….
a. 1: 500.000 b. 1: 1.000.000 c. 1: 1.500.000 d. 1: 2.000.000
6. Jarak sebenarnya kota A dan kota B adalah 10 km. Jika digambar dalam peta berjarak 5 cm maka peta tersebut memiliki skala ….
a. 1: 500 b. 1: 5.000 c. 1: 20.000 d. 1:200.000
7. gambar sepeti ini pada peta biasanya adalah symbol untuk ….
a. sungai b. jalan kereta api c. jalan raya d. batas negara
8. Dataran rendah pada peta digambar dengan warna ….
a. putih b. hijau c. kuning d. merah
9. Samudera yang membatasi wilayah Indonesia adalah samudera …..
a. Hindia & Pasifik b. Atlantik & Pasifik c. Hindia & Atlantik d. Artik & Antartika
10. Wilayah Indonesia berbentuk kepulauan dan 2/3 adalah lautan sehingga penduduk Indonesia berpotensi menjadi …..
a. pedagang b. nelayan c. tukang kayu d. petani
11. Wilayah Indonesia terletak dilintang 6° LU - 11° LS sehingga Indonesia memiliki iklim …
a. tropis b. subtropics c. sejuk d. dingin
12. Berikut ini yang bukan sifat fisik atmosfir adalah ….
a. tidak berwarna c. mudah mengembang dan menyusut
b. tidak memiliki berat d. tidak dapat dilihat
13. Dibawah ini yang bukan unsur cuaca dan iklim adalah ….
a. suhu udara b. tekanan udara c. curah hujan d. kadar garam
14. Sebuah tempat memiliki ketinggian 2.500 m diatas permukaan laut. Jika suhu di pantai rata-rata 26° C. Berapakah suhu di tempat tersebut? (setiap naik 100 m suhu turun 0,6° C)
a. 10° C b. 11° C c. 12° C d. 13° C
15. Peristiwa berubahnya uap air menjadi titik-titik air karena kedinginan disebut …
a. kondensasi b. evaporasi c. presipitasi d. infiltrasi
16. Masuknya budaya dan agama Hindu dan Budha dibawa para pedagang dan pendeta dari …
a. China b. Arab c. Persia d. India
17. Kerajaan Sriwijaya terletak ditepi sungai ….
a. Brantas b. Mahakam c. Musi d. Citarum
18. Bhineka tunggal ika diambil dari kitab Sutasoma pada masa Majapahit yang dikarang oleh …
a. Mpu Kanwa b. Mpu Prapanca c. Mpu Tantular d. Mpu Sendok
19. Salah satu peninggalan masa Islam adalah perhitungan tarikh/kalender Jawa disusun oleh …
a. Sultan Agung b. Sultan Hadiwijaya c. Joko Tingkir d. Pati Unus
20. Islam masuk ke Indonesia melalui cara-cara berikut, kecuali …
a. perdagangan b. perkawinan c. kesenian d. peperangan
21. Sarana yang digunakan oleh Sunan kalijaga untuk menyebarkan agama Islam pada masyarakat Jawa adalah melalui ….
a. ketoprak b. wayang kulit c. ludruk d. kuda lumping
22. Dibawah ini yang bukan peninggalan sejarah bercorak Islam adalah ….
a. makam b. keratin c. dolmen d. suluk
23. Belanda datang ke Indonesia pertama kali ke Banten tahun 1596 dipimpin oleh …
a. Pieter Both b. J.P Coen c. Van Den Bosch d. Cornelis de Houtman
24. Politik penjajah dengan cara memecah belah dan mengadu domba dikenal dengan istilah politik …
a. devide et impera b. de yure c. tangan dingin d. tangan kotor
25. Perlawanan terhadap Belanda yang terjadi di Sumatera Barat dipimpin oleh…
a. Teuku Umar b. Sultan Hasanudin c. Imam Bonjol d. Pangeran Diponegoro
26. Mata pencaharian sebagian besar penduduk didaerah pegunungan adalah ….
a. berkebun b. beternak c. nelayan d. pedagang
27. Pola pemukiman penduduk yang ada didaerah tepi sungai adalah ….
a. menggerombol b. menyebar c. memanjang d. memusat
28. Untuk mengatasi lahan kritis dan gundul maka diadakan program …
a. terasering b. reboisasi c. mekanisasi d. tumpangsari
29. Kegiatan menambah nilai guna suatu barang atau jasa dinamakan …
a. konsumsi b. produksi c. distribusi d. rehabilitasi
30. Kebutuhan yang harus diutamakan sebagai seorang pelajar adalah ….
a. jajan b. pulsa c. pulpen d. ulangtahun
31. Dalam memanfaatkan dan mengolah sumberdaya alam kita harus bersikap …
a. boros b. hemat c. bebas d. sepuasnya
32. Contoh sumberdaya alam yang dapat diperbaharui adalah …
a. air, hutan, binatang c. batubara, udara, sinar matahari
b. tanah, minyak bumi, pohon d. hutan, emas, besi
33. Usaha meningkatkan hasil dengan cara menambah faktor produksi seperti dengan menambah luas lahan dinamakan ….
a. intensifikasi b. diversifikasi c. mekanisasi d. ekstensifikasi
34. Tujuan diadakan kegiatan distrubusi adalah …
a. menambah jumlah barang yang dihasilkan c. agar barang/jasa sampai ke konsumen
b. meningkatkan mutu barang dan jasa d. agar barang dan jasa bertambah mahal
35. Badan usaha yang bertujuan memenuhi dan melayani masyarakat agar mencapai kemakmuran dan menciptakan lapangan pekerjaan adalah …
a. BUMN b. BUMS c. KUD d. BMT
36. Bentuk badan usaha swasta yang didirikan oleh dua orang atau lebih yang mendirikan usaha bersama dengan satu nama dinamakan …
a. CV b. Firma c. PT d. PD
37. Tujuan didirikannya koperasi adalah …
a. mendapatkan untung sebesar-besarnya c. meningkatkan kesejahteraan anggota
b. mencapai kepuasan pengurusnya d. mendapatkan pekerjaan
38. Dalam berbisnis hal yang tidak usah diperhatikan adalah …
a. takut gagal c. jenis usaha yang cocok dan prospektif
b. sumber dana d. tempat usaha
39. Berfikir dan melakukan sesuatu dengan cara yang baru dan berbeda dengan lainya dinamakan …
a. ulet b. disiplin c. kreatif d. mandiri
40. Manfaat hidup kreatif adalah ….
a. akan muncul banyak ide c. menjadi bersifat materialis
b. mudah menerima kritikan d. pinter menyontek saat ulangan
B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan lengkap dan benar!
41. Apa sajakah syarat-syarat sebuah peta yang baik?
42. Sebutkan macam-macam hujan yang kau ketahui!
43. Jelaskan proses masuknya Islam di Indonesia!
44. Apa saja faktor yang mempengaruhi basar kecilnya konsumsi seseorang?
45. Sebutkan landasan hukum dan operasional koperasi!

Senin, 26 April 2010

Kenangan Bersama PD IRM Banyumas

Saya aktif di Pimpinan Daerah IRM Kabupaten Banyumas tahun 1994-1996. Saya aktif pada masa kepengurusan Fathurrokhman yang sekarang masih mengabdi di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas. Pada awalnya saya hanya anggota bidang namun karena bendahara umumnya Saudara Ari Gunawan asli Purwokerto harus hijrah karena bekerja di Jakarta dan wakil bendaharanya Saudara Dasum dari Pekuncen harus serius di dunia usahanya, , akhirnya aku berubah posisi menjadi bendahara.
Dengan tugas sebagai bendahara aku terbiasa datang ke sekolah-sekolah menengah (SMP/MTs, SMA/SMK) Muhammadiyah se-Kabupaten Banyumas. Hampir semua sekolah Muhammadiyah pernah kudatangi, baik untuk kegiatan dan terutama tugasku sebagai bendahara menarik iuran anggota pada waktu itu Rp 100,00/siswa tiap bulan yang harus diambil 3 bulan sekali ke sekolah, kecuali sekolah yang ada di Kota Purwokerto diambilnya di Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Banyumas. Selaku pengurus daerah kami sering menyelenggarakan kegiatan. Kegiatan rutin adalah membina Cabang dan Ranting se-Banyumas, menyelenggarakan kajian pimpinan dan anggota serta menyelenggarakan perkaderan ditingkat daerah ataupun mengelola dan membantu perkaderan yang diadakan cabang dan ranting.
Saya pernah terlibat langsung dalam kegiatan ditingkat cabang antara lain: Pelatihan Dai di Cabang Tinggarjaya, Diskusi di Cabang Kotip Purwokerto, Jelajah alam di Curug Cipendok bersama PC IRM Cilongok, PC IRM Pekuncen dan PC IRM Patikraja, Up Grading Pimpinan baru PC IRM Sumbang, memfasilitasi berdirinya kembali PC IRM se-Eks Kawedanan Sumpiuh. Kegiatan Ranting yang pernah saya datangi adalah MTs Muhammadiyah Wangon (datangnya nyasar sampai ke Jeruklegi), SMP Muhammadiyah Sokaraja, SMP Muhammadiyah Banyumas, SMP Muhammadiyah Cilongok, SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto, SMEA Muhammadiyah Purwokerto, SMEA Muhammadiyah Ajibarang, MA Muhammadiyah, MTs Muhammadiyah Pekuncen, MTs Muhammadiyah Purwokerto, MA Muhammadiyah Purwokerto, SMP Muhammadiyah Beji, SMP Muhammadiyah Sumpiuh, STM Muhammadiyah Sumpiuh, SMP Muhammadiyah Tambak, SMP Muhammadiyah Kemranjen, MTs Muhammadiyah Karangjati Kemranjen, SMP Muhammadiyah Rawalo.
Selain kegiatan pengajian, perkaderan dan pembinaan, kegiatan yang lain yang masih saya ingat adalah pelatihan wirausaha sablon, temu olahraga dan seni, dan pelatihan komputer. Selain kegiatan di daerah sendiri saya pernah mengikuti kegiatan diluar daerah yaitu konfenrensi pimpinan daerah (konpida) di Panti Asuhan di Pemalang tahun1995, Koordinasi Persiapan Muktamar XI di Yogyakarta.
Ada cerita yang cukup unik yang aku alami pada waktu ke Yogya dalam rangka persiapan muktamar IRM tersebut. Aku bersama Sudiro Husodo (sekarang karyawan di Bank Jateng Sokaraja) berangkat ke Yogyakarta pada malam hari dan acara di Yogya pagi hari. Karena sampai di terminal Yogya yang lama tengah malam dan kami kebingungan mau apa sampai menunggu pagi, sama-sama belum paham kota Yogya dan harus mencari tempat acara yaitu kantor Muhammadiyah. Setelah sholat dimushola sekitar Terminal Yogyakarta, kami putuskan untuk tidur diteras mushola. Tidak diduga sama sekali ternyata pada waktu shubuh kami dibangunkan oleh Fathurrokman ketua kami. Ternyata Fathurohman yang berangkat dulu mengantar Mudzakiroh (sekarang guru di SMP/SMA Muhammadiyah Tambak) dan Lili Yuliantinah (sekarang guru di MTs PPPI Banyumas) yang mengikuti pendidikan khusus keputrian di Yogyakarta dan Fathurrokhman menginap dirumah Imam Mushola tersebut yang ternyata pamannya. Jadi akhirnya pagi itu kami bertemu dan Fathurohman yang mengantar kami ke tempat pelaksanaan koordinasi muktamar.
Ada lagi kegiatan yang saya ikuti dan juga ada cerita yang tidak pernah kulupakan. Ketika aku mengikuti muktamar IRM bulan maret 1996 di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Setelah beberapa hari muktamar dan karena aku banyak membeli buku dan cinderamata muktamar bagi teman-teman yang tidak ikut muktamar aku jadi kehabisan uang. Kebetulan aku punya simpanan di Bank BNI tapi belum punya ATMnya, tapi aku membawa buku rekeningnya, maka aku memutuskan untuk mencari Bank BNI di Solo. Setelah tanya-tanya, ternyata BNI letaknya di sebelah kantor walikota tidak jauh dari alun-alun dan aku harus naik bus kota. Disinilah ceritanya aku baru pertama melihat dan naik bis tingkat, karena di Purwokerto adanya angkot. Aku jadi tahu bagaimana untuk naik keatas walaupun aku sebenarnya ingin naik keatas tapi tidak berani. Hal yang aneh adalah bagaimana cara membuka pintu kalau mau keluar. Sebentar lagi aku harus keluar, maka daripada nanti tidak bisa keluar, aku memberanikan diri bertanya kepada salah seorang yang tidak jauh dari pintu keluar,“Bagaimana cara membuka pintu keluar apa ada tombolnya Pak?”. Dengan mesam-mesem dijawab “kalau ingin membuka pintu bis harus memiliki kekuatan magic” dan ketika ada orang yang mau keluar, dia memperagakan berdoa dan menggerakan tangannya agar pintu terbuka ketika ada orang yang mau turun dan mendekati pintu. Penumpang yang lain banyak yang cengar-cengir. Ternyata pintu biskota sudah otomatis akan membuka kalau ada penumpang yang sudah dekat dengan pintu. Malu rasanya kelihatan katro dan bukan orang asli Solo. Pancen kulo niki saking Purwokerto sing ora nono koyo ngono.

Kamis, 15 April 2010

PREDIKSI UJIAN AKHIR MADRASAH 2009/2010 MAPEL IPS

1. Berikut ini yang bukan jenis manusia purba yang pernah ada di Indonesia adalah …
a. pithecantopus erectus
b. megantropus paleojavanucus
c. homo wajakensis
d. homo pekinensis
2. Proses yang membantu individu melalui belajar, menyesuaikan diri, belajar bagaimana cara hidup dan berpikir kelompoknya agar dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya disebut…
a. sosialisasi
b. komunikasi
c. interaksi social
d. pranata sosial
3. Salah satu contoh penerapan prinsip ekonomi adalah …
a. ayah bekerja keras agar dapat membangun rumah
b. Ibu lebih memilih belanja di pasar daripada di supermarket karena lebih murah
c. Pak Sanusi mencalonkan diri sebagai kepala desa agar lebih dihargai orang
d. Pemerintah menetapkan Upah Minimul Regional (UMR)
4. Secara garis besar peta dibedakan menjadi dua yaitu:
a. peta besar dan peta kecil
b. peta darat dan peta laut
c. peta umum dan peta khusus
d. peta geografis dan peta kadaster
5. Tujuan didirikannya koperasi adalah …
a. mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya
b. meningkatkan kesejahteraan anggota
c. membantu ekonomi lemah
d. memberi kredit kepada anggota
6. Berikut ini yang tidak mempengaruhi pertumbuhan penduduk adalah …
a. kelahiram
b. kematian
c. migrasi
d. radiasi
7. Contoh usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan hidup adalah …
a. Eksploitasi besar-besaran sumberdaya alam
b. System ladang berpindah
c. Pelarangan perburuan liar
d. Penggunaan pestisida secara berlebihan
8. Berikut ini adalah daerah perlawanan Diponegoro, kecuali …
a. Surabaya
b. Purworejo
c. Surakarta
d. Yogyakarta
9. Dibawah ini yang termasuk usaha untuk mencegah terjadinya penyimpangan social, kecuali:
a. Pendidikan agama yang cukup
b. Penyuluhan kepada generasi muda
c. Memberi kebebasan kepada para remaja
d. Menciptakan keluarga yang harmonis
10. Dibawah ini yang merupakan kebutuhan primer (pokok) adalah …
a. Televisi, handphone, dan kamera
b. Almari, kursi, dan sepeda
c. Mobil, kulkas, dan computer
d. Pakaian, makanan, dan rumah
11. Dibawah ini yang tidak tergolong pasar tradisional adalah pasar …
a. Wage Purwokerto
b. Johar Semarang
c. Klewer Solo
d. Mall Karawaci
12. Tokoh yang mengusulkan nama Pancasila untuk dasar Negara Indonesia adalah ….
a. Soekarno
b. Sukarni
c. Soepomo
d. Sutomo
13. Usaha-usaha untuk mencegah terjadinya penyimpangan social melalui pendidikan dan nasehat termasuk pengendalian social secara …
a. preventif
b. persuasif
c. represif
d. mkuratif
14. Dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan adalah ….
a. Banyaknya tindak kejahatan
b. Tingginya angka kebodohan
c. Kemiskinan ada dimana-mana
d. Masyarakat menjadi tentram
15. Kurva penawaran bergerak dari …
a. Kiri bawah ke kanan atas
b. Kanan atas ke kiri bawah
c. Kiri atas ke kanan bawah
d. Kanan bawah ke kiri atas
16. Ciri Negara maju adalah …
a. Pendapatan perkapitanya rendah
b. Angka harapan hidupnya tinggi
c. Tingkat pendidikan rendah
d. Tingkat pengangguran tinggi
17. Contoh kelompok negara-negara berkembang adalah …
a. Vietnam, Kanada, Mesir
b. Inggris, Perancis, Filipina
c. Argentina, Nigeria, India
d. Jerman, Thailand, Maroko
18. Negara yang termasuk Negara fasis adalah …
a. Saudi Arabia, Mesir dan Libya
b. Belgia, Australia, Mexico
c. Amerika Serikat, Belanda, Rusia
d. Jepang, Jerman, Italia
19. Pengaruh pendudukan militer Jepang di Indonesia adalah …
a. Rakyat menjadi sengsara
b. Pemimpin Indonesia semakin cerdas
c. Bangsa Indonesia tidak mengenal taktik berperang/militer
d. Ilmu pengetahuan berkembang pesat
20. Tujuan sebenarnya AFNEI datang ke Indonesia adalah …..
a. Menyerahkan kedaulatan Indonesia dari Belanda
b. Menerima penyerahan Jepang dan melucuti senjatanya
c. Menegakan kekuasaan Belanda di Indonesia
d. Mengajak berunding Indonesia dan Belanda
21. Perjanjian Renville dilaksanakan diatas kapal perang Amerika Serikat yang sedang berlabuh di …
a. Pelabuhan Ratu
b. Pelabuhan Tanjung Mas
c. Teluk Jakarta
d. Teluk Bayur
22. Setelah menjadi RIS maka Indonesia kembali menjadi Negara kesatuan pada tanggal…
a. 27 Desember 1949
b. 17 Agustus 1950
c. 27 Desember 1951
d. 17 Agustus 1952
23. Dibawah ini yang bukan isi dekrit presiden 5 Juli 1959 adalah …
a. Pembubaran PKI
b. Pembubaran konstituante
c. Tidak berlakunya UUDS
d. Berlakunya kembali UUD 1945
24. Contoh perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat ialah …
a. Jalan layang yang semakin banyak
b. Hutan belantara yang semakin sempit
c. Pola hidup yang semakin konsumtif
d. Suhu bumi semakin panas
25. Fungsi asli uang adalah ….
a. Menyimpan kekayaan dan alat pembayaran
b. Alat tukar-menukar dan satuan hitung
c. Satuan hitung dan menyimpan kekayaan
d. Penunjuk harga dan pendorong kegiatan ekonomi
26. Lembaga berikut yang termasuk lembaga keuangan bukan bank adalah …
a. Asuransi dan pegadaian
b. Koperasi dan BRI
c. BPR dan Dana Pensiun
d. BKK dan BNI
27. Dibawah ini adalah manfaat perdagangan internasional, kecuali …
a. Mencukupi kebutuhan
b. Menambah devisa negara
c. Membuka lapangan kerja
d. Menambah ketergantungan kepada Negara lain
28. Organisasi perdagangan bebas ASEAN dinamakan ….
a. OPEC
b. APEC
c. AFTA
d. NAFTA
29. Manfaat dari sungai adalah sebagai berikut, kecuali …
a. Mengairi sawah
b. Sarana transportasi
c. Tempat pembuangan limbah
d. Sebagai obyek wisata
30. Bagian dasar laut yang sempit dan dalam disebut ….
a. palung
b. lubuk laut
c. ambang laut
d. gunung laut
31. Sebelah timur Asia Tenggara dibatasi oleh …
a. Laut Jepang
b. Laut Cina Selatan
c. Samudera Hindia
d. Samudera Pasifik
32. Sebagian besar wilayah Asia Tenggara memiliki iklim …
a. tropis
b. subtropis
c. sejuk
d. dingin
33. Komoditas utama Negara Brunai Darussalam adalah …
a. kayu
b. timah
c. emas
d. minyak bumi
34. Benua Afrika sebagian besar dihuni oleh ras …
a. negroid
b. kaukasoid
c. mongoloid
d. melayusoid
35. Pemimpin pembrontakan PKI Madiun tahun 1948 adalah …
a. Untung
b. Muso
c. D.N Aidit
d. Amir Syarifudin
36. Pemimpin DI/TII di daerah Jawa Barat adalah …
a. Daud Breueh
b. Amir Fattah
c. Kahar Muzakar
d. Kartosuwiryo
37. Orde baru jatuh karena merajalelanya KKN. Kepanjangan KKN adalah …
a. Kuliah Kerja Nyata
b. Korupsi, Kolusi, Nepotisme
c. Koperasi, Kredibilitasi dan Neoliberalisme
d. Komunis, Konsumerisme, Narkoba
38. Demo mahasiswa tahun 1998 telah memakan korban mahasiswa dalam peristiwa yang dikenal dengan nama peristiwa…
a. Jembatan merah
b. Jembatan Ancol
c. Semanggi
d. Monas
39. Konferensi Asia Afrika dilaksanakan tahun 1955 di Kota …
a. Jakarta
b. Bandung
c. Bogor
d. Surabaya
40. Negara yang tidak ikut mendatangai deklarasi …
a. Malasyia
b. Filipina
c. Singapura
d. Brunai Darussalam

Selasa, 13 April 2010

Pendekatan Mencari Tuhan

Fitrah Manusia
Fitrah artinya suci atau bersih yang pada dasarnya merupakan watak asli manusia. dalam masalah ketuhanan sebenarnya manusia pada dasarnya bertuhankan Alloh, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-A'rof ayat 172:
dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah aku ini Tuhanmu?" mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuban kami), Kami menjadi saksi". (kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya Kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",

Secara sadar ataupun tidak didalam hati manusia akan muncul kepercayaan adanya kekuatan yang MAHA segalanya yang manusia tidak bisa melawan terhadap kehendak-Nya tersebut. Hal tersebut terutama muncul pada saat manusia sedang tertimpa musibah, bencana, kecelakaan atau dalam kondisi genting maka ia akan menyebut “Oh My God” atau “Aduh Gusti” atau “Ya Robbi” ataupun ucapan lain yang semakna dengannya untuk memohon pertolongan-Nya.
Pada dasarnya pula manusia akan berada pada jalan kebenaran dan kesucian hati. Orang yang perilakunya bejatpun misalnya perampok, pelacur pun pada dasarnya tidak mau melakukan yang demikian atau paling tidak tidak menghendaki keluarnya berbuat seperti itu.
Dalam hal beragama maka sudah fitrah manusia untuk berislam dan jika ada yang diluar Islam maka itu adalah karena pengaruh lingkungan.
“Tiap-tiap bayi yang lahir adalah dalam keadaan fitrah (beriman kepada Alloh/tauhid), orangtuanyalah yang telah menjadikannya yahudi, nasrani atau majusi . (H.R. Bukhari dan Muslim)
Sebab Akibat (Kausalitas)
Alam semesta yang begitu luas tanpa batas (karena kemampuan manusia yang terbatas) bergerak sesuai aturan yang sempurna. Pergerakan yang sempurna tersebut bukanlah pergerakan yang secara kebetulan, namun telah dirancang dan didesain oleh yang Maha Sempurna pula. Langit, bumi, bintang-bintang, dan segala apa yang ada dialam semesta adalah bukti penciptan-Nya.
Adanya makhluk tentu ada pencipta (kholik). Apa yang dicipta harus tunduk dan patuh kepada yang mencipta. Dialah Alloh sang pencipta dan pencipta yang pertama (kausa prima) yang keberadaanya tidak sebagai hasil cipta dan sebagai pencipta ia berbeda dengan yang dicipta laisa kamislihi saiun.
Al-Quran Surat Al-Ikhlas:
1. Katakanlah: "Dia-lah Allah, yang Maha Esa.
2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,
4. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."
Dan Surat At-Thur: 35:
“Apakah mereka diciptakan tanpa sesuatupun ataukah mereka yang menciptakan (diri mereka sendiri)?”

Fenomena Alam
Segala sesuatu yang dapat dikenal oleh panca indera, perasaan dan pikiran kita adalah alam , dari barang yang kecil yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang sampai galaksi-galaksi yang begitu besar dan jauhnya dari kita namun dapat kita amati semuanya adalah tanda-tanda kebesaran Tuhan.
Adanya matahari dan bulan, siang dan malam, perputaran musim, hujan , gunung yang tinggi menjulang, lautan yang luas adalah kekuasaan-Nya.
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,(al-Imron: 190)
Maka hendaklah manusia memperhatikan dari Apakah Dia diciptakan? (athoriq:5)
Maka Apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana Dia diciptakan, dan langit, bagaimana ia ditinggikan? dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? dan bumi bagaimana ia dihamparkan? (al-Ghoziyah:17-20)
dan kamu Lihat gunung-gunung itu, kamu sangka Dia tetap di tempatnya, Padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (An-Naml:88)

Selasa, 30 Maret 2010

Hakikat Kebenaran


Perjalanan manusia dalam mencapai kepuasan yang ‘sempurna’ cukup panjang, pelik, dan berliku. Kepuasan itu sendiri sangat relative karena kepuasan itu sendiri dapat ditinjau dari berbagai sudut panjang (kebendaan dan nonkebendaan). Cara memperolehnya pun berbeda, ada yang secara obyektif ada pula yang secara subyektif.
Didorong hasar ingin tahu, maka manusia mempergunakan indera dan kemampuan berpikirnya untuk berusaha mengenal dan memahami segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada disekitarnya. Maka akan muncullah pengetahuan dan pengalaman. Pengetahuan yang memuaskan dan berlaku umum pada gilirannya akan menjadi pengalaman yang benar, yang disebut kebenaran. Kebenaran adalah persesuaian antara pengetahuan dan obyeknya.
Secara Fitrah manusia akan mencari kebenaran. Berbagai upaya akan dilakukan untuk mencari sebuah kebenaran. Kebenaran ada berbagai pendangan. Kebenaran macam apa yang sebenarnya kita cari dan kebenaran macam apa pula yang dapat kita jadikan landasan dalam kehidupan kita agar kehidupan yang kita jalani dapat terbimbing menuju jalan keselamatan.
Pandangan tentang kebenaran dibedakan menjadi 3, yakni kebenaran filsafat, kebenaran ilmu dan kebenaran agama.
1. Kebenaran filsafat
Merupakan kebenaran yang diperoleh dengan cara merenungkan atau memikirkan sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya sesuatu yang mungkin ada. Kebenaran filsafat diterima sebagai pengetahuan yang benar walaupun bukti-buktinya tidak diperoleh dari pengalaman langsung atau konkrit, sebab pemikirannya melampaui pengalaman manusia. Didalam filsafat sendiri terdapat system dan berbagai corak yang masing-masing mencerminkan kebenaran dari sudut pandangnya yang satu dengan yang lain bisa berbeda.
2. Kebenaran ilmu
Kebenaran ini dicari dan dibuktikan dengan persentuhan indera terhadap alam sekitar. Dengan persentuhan ini diterangkan mengapa suatu obyek mempunyai corak demikian atau mengapa obyek tersebut harus bercorak demikian. Seorang ilmuwan harus bekerja secara ilmiah. Sifat ilmiah sebuah ilmu adalah jika sebuah ilmu memiliki obyek, metode, sistematik dan universal. Namun perlu diketahui bahwa ilmu bukanlah hal yang statis namun bersifat dinamis dan bergerak sesuai dengan perkembangan yang dicpai manusia dalam mengungkap tabir alam semesta. Kebenaran ilmu masih senantiasa terbuka untuk diuji. Sesuatu yang dulu dianggap benar sekarang bisa jadi tidak diterima sebagai kebenaran dan sesuatu yang sekarang dianggap benar suatu saat bisa dianggap sebuah kekeliruan jika akhirnya ditemukan bukti-bukti baru yang lebih obyektif. Jadi setiap teori atau hukum pada dasarnya tidak lebih dari hipotesis-hipotesis yang senantiasa dapat diuji kembali.
3. Kebenaran agama
Kebenaran agama adalah pengetahuan yang diterima oleh manusia yang didasarkan pada keyakinan bahwa yang memberikan pengetahuan itu adalah dzat yang terbebas dari kesalahan. Sumber pengetahuan itu adalah Tuhan yang dengan kuasa-Nya telah menumbuhkan iman atau keyakinan mengenai sebuah kebenaran. Kebenaran agam bersifat mutlak atau absolute. Obyektifitasnya dijamin oleh sumber kebenaran itu sendiri sehingga obyektifitasnya itu tidak perlu diragukan lagi. Aagama adalah wahyu atau firman yang penyampaiannya langsung dari sumber kebenaran atau melalui malaikatnya kepada Rosul. Wahyu merupakan penjelasan yang diberikan oleh Tuhan tentang kebenaran yang disampaikan kepada manusia dengan cara yang istimewa.
“Kebenaran itu adalah dating dari Tuhanmu. Maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu” (Al-quran surat al-baqoroh)

Kamis, 18 Maret 2010

Perkaderan Bersama AMM Cabang Patikraja


Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Cabang Patikraja belum lama ini telah melangsungkan kegiatan perkaderan bersama AMM yang diselenggarakan pada hari Senin-Selasa tanggal 15-16 Maret 2010 bertempat di MI Muhammadiyah Kedungwuluh Lor. Kegiatan tersebut diselenggarakan karena melihat kondisi Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang kekurangan stok kader, dan memerlukan darah muda untuk memberi semangat dan menghidupkan gerak organisasi.






Kegiatan tersebut dirancang oleh ekstrainer pelatihan pelatih tunas Pemuda Muhammadiyah Banyumas asal Cabang Patikraja yang bekerjasama dengan AMM ranting Kedungwuluh. Para ekstrainer yang dimaksud adalah Dwi Supriyanto dari Kedungwringin, Dedi Ariyoyo dari Sokawera, Burhanudin dari Kedungwuluh Lor serta Rasam dan Yudi dari Sokawera. Setelah rancangan dan konsep disusun akhirnya kegiatan tersebut dapat terselenggara dengan baik. Hal tersebut karena kerja keras dari panitia pengarah maupun pelaksana dalam hal ini adalah AMM Kedungwuluh yang walaupun masih muda-muda namun bersemangat besar untuk menyukseskan kegiatan. Selain itu dukungan dari unsur Muhammadiyah dan Aisyiyah di Cabang serta ranting sekecamatan Patikraja juga menentukan. Muhammadiyah cabang dan ranting memberikan bantuan dana sesuai dengan kemampuan serta Pimpinan ranting Aisyiyah memberikan bantuan konsumsi selama kegiatan berlangsung. Kepada peserta kami hanya minta infaq Rp 5.000,-.


Kegiatan diikuti oleh 65 peserta, yang dibagi menjadi 3 ruang. Ruang 1 adalah mereka yang telah dewasa, usia 17 tahun keatas. Ruang 2 untuk peserta putri kurang dari 17 tahun dan ruang 3 untuk peserta putra yang kurang dari 17 tahun.
Materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut adalah keislaman, kemuhammadiyahan, ke-AMM-an, dan pengembangan diri melalui kegiatan outbond.
Sebagai follow up maka pada tanggal 2 April akan diadakan pertemuan sekaligus membahas kegiatan Gelar Seni Budaya dalam rangka Gebyat Muktamar Muhammadiyah dan Pemuda Muhammadiyah.

Jumat, 12 Maret 2010

Soal Uji Tengah Semester Genap Mapel IPS SMP

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Daerah Banyumas
MTs Muhammadiyah Patikraja
Jalan Raya Banyumas No.09 Patikraja Telp. (0281) 6844627 Purwokerto 53171
Email: mtsmujamas@gmail.com website: http://www.mtsmuh-patikraja.sch.id


ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP 2009/2010
Bidang Studi : IPS Terpadu
Kelas : VIII Nama Siswa :

A. Pilihlah jawaban yang benar dengan tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, c atau d
1. Perang dunia pertama terjadi pada tahun…..
a. 1904-1908 b. 1914-1918 c. 1929-1935 d. 1939-1945
2. Barisan pembantu polisi pada pendudukan Jepang disebut ….
a. Keibodan b. Seinendan c. Heiho d. Fujinkai
3. Pemimpin perlawanan rakyat terhadap penjajah Jepang di daerah Singaparna Tasikmalaya dipimpin oleh ….
a. Supriyadi b. Kusaeri c. Abdul Jalil d. Zaenal Mustafa
4. Berikut ini adalah tokoh yang menyampaikan usulan dasar negara kecuali…...
a. Soekarno b. Muh. Hatta c. Muh. Yamin d. Soepomo
5. Hubungan timbal balik yang dinamis dan saling mempengaruhi disebut…..
a. proses sosial b. sosialisasi c. asimilasi d. oposisi
6. Bergabungnya dua atau lebih orang/kelompok yang memiliki tujuan yang sama disebut…..
a. kompetisi b. korupsi c. koalisi d. toleransi
7. Contoh interaksi antara kelompok dengan kelompok adalah …...
a. guru mengajar murid-muridnya c. tawuran pelajar antar sekolah
b. penjual dan pembeli dipasar d. ayah dan ibu berdiskusi
8. Berikut ini yang bukan tenaga kerja terdidik adalah …..
a. dosen b. pengacara c. dokter d. pedagang
9. Pemusatan ekonomi pada satu kelompok saja dinamakan…
a. monopoli b. oligopoly c. polisemi d. koperasi
10. Keuntungan pada koperasi dinamakan …..
a. deviden b. bunga c. SHU d. SKU

B. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar!
11. Perang Asia Timur Raya disebut juga Perang…..
12. Kerja paksa pada masa pendudukan Jepang dikenal dengan nama …..
13. Pemimpin Pusat Tenaga Rakyat (Putera) dikenal dengan sebutan …….
14. Proses sosial yang positif dan mempererat hubungan dinamakan proses sosial …..
15. Kerjasama dikampung untuk mengerjakan kepentingan bersama, misalnya untuk membangun jalan dinamakan …..
16. Norma atau aturan yang diyakini berasal dari Tuhan dinamakan …..
17. Angkatan kerja yang tidak memiliki pekerjaan dinamakan ….
18. Sistem ekonomi terpusat dinamakan juga system ekonomi….
19. Jenis badan usaha yang sesuai dengan pasal 33 UUD 1945 dan menjadi saka guru perekonomian di Indonesia adalah..…
20. Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh …..

C. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas!
21. Sebutkan usaha yang dilakukan Jepang untuk menarik simpati Bangsa Indonesai!
22. Jelaskan latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok!
23. Apa yang terjadi jika sebuah masyarakat tidak memiliki aturan/norma?Jelaskan jawabanmu!
24. Sebutkan macam-macam norma sosial!
25. Sebutkan masalah-masalah ketenagakerjaan di Indonesia!
Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Daerah Banyumas
MTs Muhammadiyah Patikraja
Jalan Raya Banyumas No.09 Patikraja Telp. (0281) 6844627 Purwokerto 53171
Email: mtsmujamas@gmail.com website: http://www.mtsmuh-patikraja.sch.id


ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP 2009/2010
Bidang Studi : IPS Terpadu
Kelas : VII Nama Siswa :

A. Pilihlah jawaban yang benar dengan tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, c atau d
1. Kerajaan Hindu tertua adalah kerajaan….
a. Kutai b. Tarumanegara c. Mataram d. Kaling
2. Kerajaan maritim yang menjadi pusat penyebaran agama Budha di Asia Tenggara yaitu
a. Majapahit b. Kediri c. Sriwijaya d. Demak
3. Islam masuk ke Indonesia melalui hal-hal dibawah ini, kecuali…
a. perdagangan b. perkawinan c. cultural d. peperangan
4. Berikut ini yang bukan nama yang termasuk Walisongo adalah….
a. Gunungjati b. Kalijaga c. Ampel d. Siti Jenar
5. Hutan yang berada ditepi pantai dinamakan hutan ….
a. kakau b. bakau c. homogen d. heterogen
6. Tanaman jenis sayuran dan buah-buahan sering disebut tanaman
a. apotik hidup b. hidroponik c. holtikultura d. pangan
7. Lapisan udara yang paling dekat dengan permukaan bumi adalah lapisan …
a. troposfer b. stratosfer c. mesosfer d. ionosfer
8. Hutan yang berfungsi sebagai perlindungan binatang langka dari kepunahan disebut …
a. hutan lindung b. hutan produksi c. cagar alam d. suaka margasatwa
9. Jika seseorang sudah mampu menabung berarti pendapannya….
a. lebih kecil dari kebutuhannya c. lebih besar dari konsumsinya
b. sama dengan kebutuhannya d. diatas 5 juta perbulan
10. Kulit binatang akan lebih berguna jika sudah diubah menjadi sepatu atau tas ….
a. place utility b. form utility c. time utility d. ownership utility

B. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat dan singkat!
11. Kasta adalah tingkat kedudukan yang ada pada masyarakat yang beragama…..
12. Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannnya pada masa pemerintahan Raja…
13. Kerajaan Islam pertama di Nusantara adalah kerajaan ….
14. Perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak yang sebenarnya dinamakan ….
15. Sekarang di Purwokerto pukul O7.00 maka pada saat yang sama di Bali waktu menunjukan pukul …..
16. Udara akan mengembang jika suhunya ….
17. Manfaat yang dapat diambil dari memelihara hewan besar yang tidak bisa diperoleh dari hewan kecil adalah …..
18. Kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai guna suatu barang disebut …..
19. Bahan dasar untuk membuat tahu dan tempe adalah ….
20. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut …..

C. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan lengkap dan benar!
21. Sebutkan 4 jenis peninggalan yang bercorak Hindu dan Budha!
22. Mengapa kamu memilih agama Islam? Jelaskan alasan kamu!
23. Apa manfaat garis astronomis?
24. Sebutkan manfaat atmosfer!
25. Sebutkan berbagai macam cara untuk meningkatkan jumlah dan mutu produksi?
Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter