Rabu, 05 Desember 2012

Kenakalan Remaja: Jangan Saling Lempar Tanggungjawab




Para remaja adalah kader bangsa,  mereka adalah generasi masa depan dan harapan kita. Keadaan masyarakat, umat atau bangsa kita dimasa yang akan datang dapat dilihat dari kualitas generasi mudanya sekarang. Jika baik generasi muda sekarang maka akan baiklah keadaan bangsa kita dimasa yang akan datang begitupula sebaliknya jika generasi muda kita sekarang rusak maka akan rusak pula keadaan bangsa kita dimasa yang akan datang.
Apa yang terjadi pada masyarakat kita yang akan datang jika generasinya sekarang suka tawuran. Apa jadinya bangsa kita jika generasinya sudah kecanduan narkoba, pergaulan bebas, bermental bejad, pemalas dan tidak memiliki keinginan untuk maju. Perhatikan peringatan Alloh dalam Al-Qur’an surat Annisa ayat 9:
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.(An-Nisa:9)

Maka tidak usahlah kita mencari kambing hitam; janganlah kita saling lempar tanggungjawab  karena dalam proses pendidikan semua komponen yang terlibat memiliki peran yang menentukan pembentukan kepribadian anak. Mari siapapun kita dan peran apapun kita, mari kita berperan aktif untuk mencetak generasi muda yang unggul yang siap melanjutkan estafet perjuangan bangsanya.
Sebagai remaja janganlah kita terlena dengan masa muda kita. Jangan kita terbuai dengan bujuk rayu iblis dan bala tentaranya yang biasanya menawarkan kesenangan sesaat tapi akan menjerumuskan kita kepada kehinaan dan penyesalan teramat sangat. Marilah kita tingkatkan kualitas diri kita karena masyarakat membutuhkan generasi muda yang berkualitas yang memiliki semangat baja, rela berkorban dan para pelopor kebaikan.
Bagi orangtua perlu meningkatkan bimbingan dan pengawasan serta keteladanan kepada anak-anaknya agar mereka dapat tumbuh menjadi generasi generasi khoiru ummah yang akan dapat mengangkat derajat orangtua, umat dan bangsanya.
Lembaga pendidikan seperti madrasah dan pesantren perlu menyiapkan program dan pola pendidikan serta lingkungan yang dapat menumbuhkembangkan potensi positif remaja dan membekali mereka dengan ilmu dan ketrampilan yang berguna untuk masa depannya.
Media massa jangan hanya mengejar keuntungan saja, tampilkan sesuatu yang menarik namun mendidik, kurangi hal-hal yang dapat membawa dampak negatif terutama kepada  remaja yang masih mudah meniru. Setiap kita bisa berperan untuk mengurangi kenakalan remaja.

Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter