Selasa, 23 Februari 2010

CINTA & SAYANG Panggilan Terindah Untuk Si Buah Hati


Apa panggilan anda kepada anak anda? Mungkin hal yang sebagian orang menganggapnya sepele. Toh kita sudah memberi nama kepada anak kita maka panggil saja sesuai dengan namanya.
Memang nama juga merupakan label indah dan spesial buat anak, maka kita harus memberi nama yang terbaik. Namun selain panggilan dengan nama, maka ada panggilan yang merupakan ungkapan hati seseorang kepada orang lain yang juga dapat menjadi sebuah hal yang spesial buat seseorang yang akan mempengaruhi kesan hati seseorang kepada yang memanggil tersebut. Dalam hal ini orangtua kepada buah hatinya alangkah baiknya juga memiliki panggilan yang spesial sebagai ungkapan isi hatinya kepada anaknya dan sebagai jalinan hati antara orangtua dan anaknya. Panggilan tersebut tentunya akan dapat mempengaruhi perkembangan kejiwaan bagi anak. Oleh karena itu orangtua harus berhati-hati dalam memberikan panggilan atau gelar kepada anak.
Dalam Al-Quran kita juga diingatkan agar jangan panggil memanggil dengan gelar yang buruk sebagaimana tercantum dalam surat Al-Hujarat ayat 11:
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh Jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh Jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan Barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka Itulah orang-orang yang zalim”.
Termasuk panggilan kepada keluarga sendiri janganlah orangtua suka memanggil anaknya dengan panggilan yang berkonotasi negatif. Hal tersebut dulu sering dilakukan oleh orangtua di Jawa yang memberi nama atau memanggil kepada anaknya seperti kampleng, buang, runtah, basur, gembus, dll. Panggilan yang buruk akan membuat anak rendah diri atau minder.
Begitu pula panggilan yang baik akan membuat anak juga memiliki kepribadian yang baik. Oleh karena itu berilah panggilan yang baik dan indah kepada anak kita dan janganlah kita pelit untuk memanggil anak kita dengan panngilan tersebut. Panggilan tersebut misalnya panggilan “cinta”, “cantik”, “pintar” dan “sayang” . Panggilah anak kita dari dasar hati kita yang tulus karena hal tersebut juga akan lebih memberikan ikatan hati dan kasih sayang antara orangtua dan anak. Panggilan terindah tersebut akan senantiasa terngiang-ngiang dalam sanubari anak dan menjadi motivasi bagi perjalanannya menapaki tangga kehidupan.

Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter