Kamis, 08 September 2011

IDUL FITRI

Romadhon sudah diambang berlalu dan Idhul Fitri sudah nampak didepan mata yang sudah kita rasakan suasananya, banyak orang yang hilir mudik pergi ke kota hingga jika kita jalan-jalan kekota disana-sini macet.

Saudaraku yang berbahagia,
Kita memang diperbolehkan merayakan Idul Fitri karena salah satu kebahagiaan orang yang berpuasa adalah ketika berbuka dan Idul Fitri adalah berbukanya orang yang telah berpuasa selama sebulan. Kita berbahagia karena bisa melaksanakan perintah-Nya, kita berbahagia karena mengharapkan ampunan yang dijanjikan-Nya kepada siapa saja yang berpuasa karena mengharap ridlo-Nya. Hari Raya merupakan wujud syukur kepada Alloh, maka tidak pantas jika kita lupa aturan-Nya. Janganlah kita berlebih-lebihan, karena Alloh tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan, seperti tertera dalam Al-A’rof ayat 31:
"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid. Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan".

Berhati-hatilah menyikapi perubahan pola makan dan jangan berlebih-lebihan karena merupakan sebab orang banyak yang sakit saat lebaran. Hindari pula hal-hal yang mubadzir, sesungguhnya para mubadzir itu temannya syetan. Contoh tindakan mubadzir adalah membakar mercon, disamping mubadzir karena membuang-buang uang juga mengganggu ketenangan orang.

Bulan syawal seharusnya merupakan bulan peningkatan kualitas amal karena kita telah digembleng dibulan romadhon, jadi mari kita berusaha menjaga nilai-nilai ibadah kita selama bulan romadhon. Mari kita terus menjaga amal sholeh kita dan meninggalkan amal salah yang telah berhasil kita lakukan dibulan romadhon. Jangan kita menjadi orang yang bangkrut yang kembali berbuat maksiat setelah berhasil meninggalkannya sebagaimana bodohnya orang yang telah membangun bangunan megah lantas membongkarnya kembali atau seperti orang yang telah memintal benang menjadi kain lantas setelah jadi diurai lagi.

Jangan lupa membayar zakat diakhir romadhon karena merupakan kewajiban bagi yang memiliki bekal dihari Raya untuk membersihkan pahala puasa kita dari kekurangan dan cacat. Jangan lupa pula untuk melaksanakan puasa sunnah 6 hari di bulan syawal karena Rosululloh bersabda dalam hadits riwayat Muslim:
“Barangsiapa berpuasa penuh dibulan romadhon lalu menyambungnya dengan puasa 6 hari di bulan syawal maka (pahalanya) seperti ia berpuasa selama setahun”.

Hanya kepada Allohlah kita mohon pertolongan semoga kita diberi kekuatan untuk menyempurnakan ibadah dibulan romadhon dan menjaga buah romadhan agar terus bisa dinikmati dibulan-bulan berikutnya untuk diri maupun orang lain.

Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter