Rabu, 10 Desember 2014

Tesis : PENUTUP

PENUTUP

A.    Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.      Ada pengaruh positif dan signifikan dari supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Banyumas pada tahun ajaran 2013-2014. Dari hasil perhitungan koefisien regresi diperoleh nilai sebesar 0,271 yang artinya apabila skor supervisi kepala madrasah meningkat 1% akan meningkatkan kinerja guru sebesar 27,1 %. Tanda positif dari koefisien regresi menunjukkan bahwa variabel supervisi kepala madrasah konsisten dengan kenaikan skor variabel kinerja guru, artinya setiap kenaikan skor supervisi kepala madrasah akan diikuti peningkatan kinerja guru.
2.    Ada pengaruh positif dan signifikan dari iklim organisasi terhadap kinerja guru. Besarnya koefisien regresi variabel iklim organisasi sebesar 0,471 yang artinya apabila skor iklim organisasi meningkat 1% akan meningkatkan kinerja guru sebesar 47,1 %. Tanda positif dari koefisien regresi menunjukkan bahwa variabel iklim organisasi sudah konsisten dengan kenaikan kinerja guru, artinya setiap kenaikan skor iklim organisasi akan diikuti peningkatan kinerja guru.
3.    Ada pengaruh positif dan signifikan dari supervisi kepala madrasah dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru.  Hasil perhitungan koefisien determinasi nilai r Square (r2) sebesar 0,271, hal ini berarti bahwa variabel supervisi kepala madrasah dan iklim organisasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Swasta Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2013/2014 sebesar 27,1%. sisanya sebesar 72,9% di tentukan oleh variabel lain yang tidak di teliti pada model regresi ini.

B.    Saran
1.      Kepada kepala madrasah hendaknya supervisi kepala madrasah dilakukan secara lebih intensif dan maksimal. Selain itu perlu dilakukan secara rutin setiap semester dengan program yang terencana. Diharapkan pula hasil supervisi juga dapat ditindak lanjuti agar dapat dilakukan proses perbaikan oleh guru sehingga kinerja mereka lebih meningkat.
2.      Kepada segenap komponen yang ada di madrasah baik itu kepala madrasah, guru, karyawan, siswa, komite dan yayasan hendaknya dapat menciptakan sebuah iklim kerja yang lebih baik yang mendukung proses peningkatan kinerja guru sehingga dapat lebih mendukung terwujudnya madrasah yang lebih kompetitif.

3.      Kepada kantor kementerian agama terutama kasi pendidikan madrasah hendaknya dapat menyusun kebijakan-kebijakan yang dapat mendorong proses supervisi yang ideal serta menciptakan iklim organisasi madrasah yang kondusif bagi pengembangan kinerja guru di madrasah.

Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter