Sabtu, 06 Juni 2015

Diklat Kepala MA

Mulai tanggal 3 Juni 2015 sampai 12 Juni 2015 saya mengikuti Diklat Penugasan Sebagai Kepala Madrasah Angkatan 2 di Balai Diklat Keagamaan Semarang Jalan Temugiring Banyumanik. Awalnya saya dihubungi Kasi Penma Kemenag Banyumas Bapak Ibnu Asaddudin yang meminta saya via telepon untuk mengikuti diklat ini. Saat dihubungi karena merasa butuh untuk meningkatkan kualitas diri maka dengan senang hati saya menerima tugas dinas tersebut sementara kepala MA yang lain yang telah jadi senior sudah merasa wegah untuk mengikuti diklat apalagi sampai 10 hari.
Setelah itu saya mencari informasi tentang diklat ini ke internet dan kebetulan memang menjadi anggota group FB: Balai Diklat Keagamaan Semarang sehingga mudah mencari informasi termasuk syarat yang harus dibawa. Dari itu kuketahui bahwa aslinya yang harus diberangkatkan adalah kepala yang sudah definitif dengan masa pensiun kurang dari 4 tahun, namun kebijakan yang diambil kasi penma kemenag Banyumas mengirimkan yang belum definitif agar lebih bermanfaat untuk jenjang karir. Harusnya membawa surat keterangan sehat dari dokter dan saya lupa belum meminta ke puskesmas namun alhamdulillah hingga hari ke4 ini surat itu tidak ditanyakan. Membawa foto copi SK pangkat terakhir dan NPWP serta foto 4x6 dan 3x4 masing2 3 lembar berlatar belakang merah. Dan membawa surat tugas dari kankemenag kabupaten yng saya minta sehari sebelum berangkat.
Satu angkatan harusnya 30 orang namun pelaksanaannya cuma 26 orang, dari Banyumas saya ditemani Ulul Albab kepala MA Miftahul Huda Rawalo.
Materi yang sudah diterima Building Learning Commitment (BLC), Evaluasi Diri Madrasah (EDM), Penyusunan Rencana Kerja Madrasah (RKM), Supervisi Akademik. Sedang materi yang akan kami terima Kebijakan Diklat Teknis, Kepemimpinan Pembelajaran, Pengelolaan Sumber Daya Madrasah, Manajemen Keuangan Madrasah, Studi Lapangan yang rencananya ke MAN 1 Kudus, Pengembangan Kepribadian Kepala Madrasah, Kewirausahaan, Spiritual Leadership dan Seminar Hasil Studi Lapangan,
Aktifitas rutin pagi hari setelah sholat shubuh acara olahraga sendiri-sendiri, bisa jalan-jalan, ke ruang fitness, tenismeja, bulu tangkis, tenis lapangan, dan lain-lain kecuali hari Jumat ada senam aerobik yang dipandu "cewek cantik". Pukul 07.30-08.00 apel pagi dan setelah itu masuk ruang kelas sendiri-sendiri hingga pukul 17.00 dan terkadang ada jam malam. Jam pagi sampai sore harus pakai seragam atas putih bawah gelap berdasi sedang kalau malam boleh memakai batik. Break istrirahat pagi jam 09.30-10.00 dan 12.00-13.00 serta 15.00-15.30. Malam adalah saat untuk mengerjakan tugas yang kebanyakan adalah tugas kelompok.

Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter