Sabtu, 30 Mei 2015

Khutbah ke -2: Bantu Saudara Kita Suku Rohingya



Alhamdulillahilladzi arsalaarosulahu bilhuda wadinilhaq liyudzhirohu ‘ala dieni kullih wakafaa billaahi syahida. Asyhadu ala illa haillalloh waasyhaduanna muhammadar rosululloh. Allohumma sholi’ala Muhammad wa’ala ali muhammad kama sholaita ngala ibrohim waali ibrohim wabarikngala muhammad wangala ali muhammad kamabarokta ngala ibrohim waali ibrohim innaka hamiidummajid.
Innamal mukminuuna ikhwatun
Sesungguhnya orang mukmin itu bersaudara
Sesungguhnya tidak beriman seseorang hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai diri sendiri.
Hubungan antara orang-orang yang beriman itu seperti satu tubuh, jika bagian tubuh ada yang sakit maka bagian tubuh yang lain ikut sakit.
Ukhuwah islamiyah telah dicontohkan oleh para sahabat ketika kaum muhajirin meninggalkan tanah kelahirannya di Mekah karena dimusuhi kaum musyrikin Quraish maka saudaranya semuslim di Madinah menerima dan menolong mereka, kaum anshor di Madinah rela membagi separo hartanya, tanahnya bahkan istrinya untuk saudaranya dari kaum Muhajirin.
Saudara kita dari Suku Rohingya telah berhijrah karena tidak diakui sebagai warga negara di tanah kelahirannya di Myanmar, dimusuhi dan dibantai oleh kaum yang tidak suka dengan ke-Islaman mereka sehingga saudara kita rela meninggalkan negeri dan hartanya menjadi manusia perahu yang terombang-ambing berbulan2 di laut, kelaparan, menderita dan sebagian dari mereka bahkan telah diperdagangkan bahkan ditembaki, ditenggelamkan dan dikubur massal, padahal mereka pergi demi mencari keselamatan agama dan jiwa mereka.
Maka dapatkah kita menjadi  kaum anshor bagi saudara kita atau kita menjadi kaum yang tidak berperikemanusiaan dengan membiarkan mereka mati  karena keganasan ombak atau dimatikan oleh manusia berhati syetan karena keegoisan kita atau alasan nasionalisme sempit kita? Bayangkan seandainya pengungsi Rohingya itu adalah kita!
Ya Alloh jangan jadikan hati kami mati rasa,
Gugah dan gerakan hati kami untuk bisa menjadi penolong bagi saudara kami,
Ampuni kami yang belum bisa memberikan yang terbaik untuk saudara kami,
Ya Alloh tolonglah saudara kami teguhkan dan kuatkan hati mereka menghadapi ujian yang ditimpakan kepada mereka,
Allohummaghfir lilmukminina walmu’minat wal muslimina …
Robbana latuzigh quluubana waillam……
Robbana laatuakhidzna innasiina …
Robbana dlolamna amfusana …
Allohumma arinal haqqo-haqqo …..
Robbana hablana min azwaaziina…
Robbij’alnii muqiimasholaati wamindzurriyyati Robbana wataqobbal du’a
Allohumma baariklanaa fii rajaaba wa syakbana wabalighna fii romadlon.
Subhaana robbika robbil ‘izzati ‘amma yasifun wasalaamun ‘alal mursalin. Walhamdulillahirobbil’alamin waladzikrulloohu akbar.

Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter