Sabtu, 04 Juli 2009

Inyong di IPM Mutiara Pandawa






Ketika masih SMA, aku ikut di IPM Mutiara Pandawa karena dikalangan aktifis Rohis SMAN 2 Purwokerto kebanyakan juga merupakan aktifis IPM ranting Mutiara Pandawa yang merupakan ranting IPM di SMAN 1, SMAN 2, SMAN 5, STMN, dan SMEAN Purwokerto disamping karena dilingkungan masyarakatku di Desa Kedungwuluh terutama Lebak mayoritas mengikuti organisasi Islam Muhammadiyah dan remajanya juga banyak yang aktif di IPM. Dari sini aku juga belajar agama dan berorganisasi.


Untuk menjadi anggota ada kegiatan awal untuk menerima anggota yang dinamakan Mabica (masa bimbingan calon anggota). Kegiatan mabica yang aku ikuti dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto dan juga kegiatan perkaderan Taruna Melati 1 yang diselenggarakan di SMA Muhammadiyah 2 Purwokerto (sekarang SMK Muhammadiyah 3 Pwt). Pada saat kepengurusan Pimpinan Kelompok IPM Mutiara Pandawa dikomandoi oleh Mas Muhammad Sofyan (Uyang) asal Sampang dan Sekjennya Mas Urip Widiantoro dari Sirampog Brebes. Dari aktifis IPM Mutiara Pandawa yang kukenal dan aktifitasnya berlanjut di IPM setahu saya adalah Mas Uyang yang setelah SMA terus kuliah di Undip lalu UNS pernah aktif di PD IRM Surakarta dan akhirnya pernah jadi pengurus Pimpinan Pusat IRM.

Selanjutnya pada saat Musyawarah Kelompok tahun akhir 1992 (gambar 1) di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah saya masuk menjadi anggota bidang Dakwah. Pada saat itu IPM berubah menjadi IRM karena dipaksa pemerintah orde baru yang melarang organisasi memakai kata pelajar selain OSIS. Istilah kelompok yang pada waktu itu berlaku bagi ranting yang tidak disekolah muhammadiyah juga diganti ranting sama dengan yang lain. Ketua terpilihnya adalah Yanuar Abdullah dari Purwokerto dan sekretarisnya Yahdiyani Robbi asal Bumiayu. Setahun kemudian dalam musyawarah berikutnya aku menjabat sebagai wakil ketua 1 yang bertugas mengordinasikan bidang kaderisasi, dakwah dan keputrian. Sedangkan ketuanya adalah Widodo Darmo Sentono asal Wonosobo yang jadi dokter di Sulawesi karena selanjutnya kuliah di kedokteran Unhas dan belum ada kontak sekalipun dan sekretaris Rahman Fauzi dari Tambak. Wakil ketua 2 juga ada yaitu Dwiko Budi Permadi dari Wangon yang sekarang jadi dosen di almamaternya yaitu Fakultas Kehutanan UGM. Keputrian (Irmawati) antara lain Trisiana Rahma Dewi yang pernah bareng dengan saya mengajar di SDIT Al-Irsyad 1 Purwokerto lalu menikah dengan suami dari Solo dan mengikuti suaminya ke Surakarta dan Edhien yang terakhir pernah ketemu dan tinggal di Cilacap.

Kegiatan yang kami selenggarakan antara lain pengajian rutin pekanan diselenggarakan di Masjid Sholahudin depan SMAN 2 Purwokerto dengan pembicara yang bergantian, sedang kajian Tarjih diselenggarakan di Masjid Agung Baitussalam bersama Ustadz Safin Santarwi Imam Masjid Agung Baitussalam Purwokerto. Bakti Sosial dan pekan dakwah dengan memberi pengajian bagi anak-anak dan masyarakat serta pembagian sumbangan pernah diselenggarakan di Dusun Kalipagu Ketenger Baturraden (gambar 2) dan disekitar Curug Ceheng Sumbang.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

wah bagus tuh kalo ada guru plus dai temenenan jadinya pendidikan agama berkembang dan akan terwujud sekolah yang bagus berbasis agama Islam.

Unknown mengatakan...

afwan, anda tahu sejarah ipm mutiara pandawa? saya juga anggota ipm mutiara pandawa, kami sedang mencari sejarahnya. mohon bantuan ya. jzkmllh

SISMANAN mengatakan...

Saya kurang tau, tapi seingat saya dulu pada waktu Mabica atau TM ada materi bahwa IPM MP didirikan sekitar tahun 1985, oleh beberapa siswa dari 5 (Pandhawa) sekolah yakni: SMA1, 2, SMEAN, SPGN, STMN. Sekretariatnya Disamping Masjid Sholahudin jg pernah di Masjid Al-Ikhlas dekat makam pahlawan Tanjung, Mushola Gang Saragsereg Selatan Pasar Cikebrok, Juga pernah di kost2an depan SMA PIRI/Ksatrian sekarang. Lebih lanjut coba hubungi: Senior saya Mas Muh Sofyan (081808185865)atau Mas Urip Widiantoro (085216711444).

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter