Jumat, 24 Juli 2009

Pembelajaran Life Skill



Pendidikan adalah upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia. Diharapkan melalui pendidikan maka akan lahir generasi yang memiliki kualitas dan mampu hidup dengan layak dimasa depannya. Pada kenyataannya banyak dijumpai seorang lulusan sebuah sekolah yang tidak menunjukan kualitas dan justru dalam kehidupannya terlihat kurang memahami diri dan perannya dalam masyarakat.
Hal yang demikian diantara disebabkan pendidikan yang hanya berorientasi pada nilai-nilai akademik lebih khusus pelajaran yang diujikan secara nasional. Banyak sekolah yang terjebak pada upaya untuk meningkatkan nilai UAN namun kurang memperhatikan sikap dan kepribadian siswa didiknya.
Menghadapi problematika pendidikan yang demikian dan untuk mempersiapkan siswa didik agar memiliki nilai-nilai atau sikap positif yang berguna bagi kehidupannya dimasyarakat serta untuk memberikan suasana belajar disekolah lebih rekreatif dan menyenangkan, maka diperlukan pola pendidikan yang lebih membawa siswa untuk bereksplorasi, mengembangkan potensi diri dan membelajarkan siswa untuk memahami tentang kehidupannya maka perlu pembelajaran yang membawa mereka menjadi lebih “cerdas”terhadap kehidupan.
Pembelajaran life skill merupakan salah satu alternatif sebagai upaya mempersiapkan peserta didik agar memiliki sikap dan kecakapan hidup sebagai bekal bagi kehidupannya kelak melalui sebuah kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatis dan menyenangkan.
Keterbatasan tentang panduan kurikulum dan silabus serta materi life skill menjadi tantangan bagi sekolah untuk berkreatif ria menyusun dan menentukan materi yang bisa disesuaikan dengan lingkungan dimana siswa berada.
Karena aku yang mengusulkan, maka akhirnya aku pula yang dipasrahi untuk membimbing muridku dalam pembelajan life skill. Semoga aku dapat menyelesaikan silabus materi life skill di MTs dan memperkankannya kepada guru yang lain serta dapat dipakai ditahun ajaran berikutnya.

Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter