Kamis, 10 Mei 2012

GETHUK BAKAR

Siapa tak kenal getuk, makanan dari singkong rebus ditumbuk yang biasanya disajikan dengan ampas dan ada pula yang digoreng sehingga disebut getuk goreng yang menjadi makanan khas Sokaraja Banyumas. Tapi kalo gethuk bakar adalah inovasi baru makanan nusantara yang berasal dari Patikraja Banyumas. Dengan menggunakan bahan baku tidak hanya singkong tapi juga ketela rambat (muntul), talas (bisono), gembili (uwi), ganyong dan pisang. Dengan aneka isi seperti coklat, mocca, nanas, strawberry, blueberry, karamel, durian membuat pelanggan bisa memilih sesuai seleranya.

Penyajiannya yang berbeda dengan getuk pada umumnya karena gethuk bakar ini dibungkus daun pisang seperti lontong atau arem-arem karena ada isinya dan dibakar diatas wajan diatas bara api lalu disajikan dengan diolesi mentega dan susu serta bertabur mises atau keju.

Gethuk bakar ini dapat kita peroleh jika kita berkunjung ke rumah produksinya di Desa Kedungwuluh Lor RT 04 RW 1 Patikraja atau ke Pasar Patikraja pada sore sampai pukul 21.00 WIB. Gethuk bakar yang mengambil label nama sekaligus motto MPR atau Makanan Para Raja.

Selain gethuk bakar, kedai gethuk bakar juga menyediakan ketan bakar, nasi bakar dan pisang genit serta aneka minuman.

1 komentar:

hilda mengatakan...

Terimakasih infonya .

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter