Sabtu, 12 November 2016

PROPOSAL KEGIATAN WORKSHOP PENYUSUNAN KISI-KISI SOAL DAN ANALISIS BUTIR SOAL



PROPOSAL KEGIATAN
WORKSHOP PENYUSUNAN KISI-KISI SOAL
DAN ANALISIS BUTIR SOAL
















 
























                                                                                   







 
PANITIA WORKSHOP
MADRASAH ALIYAH SWASTA
SE-KABUPATEN BANYUMAS
Sekreariat: Jl. Raya Kejawar No. 72 Telp. (0281) 796121 Banyumas 53192 Jawa Tengah







 

 

PROPOSAL KEGIATAN
 WORKSHOP PENYUSUNAN KISI KISI SOAL, PEMBUATAN SOAL DAN
ANALISIS BUTIR SOAL BAGI GURU MADRASAH ALIYAH SWASTA
SE KABUPATEN BANYUMAS

I.       DASAR PEMIKIRAN

Pengembangan   profesi   (professional   development)   bagi   guru   adalah   sebuah kewajiban yang harus dilakukan terus menerus. Hal ini tidak terlepas dari status guru yang saat ini sudah dinyatakan sebagai profesional. Pengembangan profesi yang   dilakukan   secara   intensif   diharapkan   mampu   mendongkrak   wawasan, pemahaman, serta informasi yang selalu up to date. Pola ini tentu akan berdampak pada mutu pembelajaran serta kualitas peserta didik untuk mata pelajaran yang diampunya.

Tuntutan kualitas siswa yang terus meningkat merupakan salah satu tantangan bagi guru untuk meningkatkan kompetensi. Selain itu, seorang guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Namun demikian, pada kenyataannya tidak semua guru memiliki kompetensi yang seharusnya  dikuasai oleh seorang guru.

Rendahnya kompetensi tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor rendahnya mutu pendidikan nasional. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidik menjadi faktor dominan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan yang diharapkan. Guru bukan semata-mata sebagai pentransfer materi pelajaran, melainkan juga harus mampu mengorganisasikan segala komponen pendidikan untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.

Salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki guru adalah kompetensi melakukan evaluasi pembelajaran. Indikatornya adalah terampil melakukan evaluasi pembelajaran dengan berbagai teknik dan metode. Termasuk juga terampil menyusun alat ukur keberhasilan belajar siswa berupa soal tes yang berkualitas, yang memiliki validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran tes yang terukur dengan jelas.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa penilaian hasil belajar bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan teknologi dan dilakukan dalam bentuk ujian nasional (UN).
Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, perlu adanya berbagai langkah konkret yang diperuntukkan bagi guru dalam rangka menjaga mutu lulusan peserta didik yang diampunya.  Diantaranya melalui pembinaan, workshop/bintek, supervisi dan evaluasi pendidikan.
Fenomena riil yang terjadi diberbagai lembaga pendidikan termasuk Madrasah Aliyah Swasta adalah adanya kesenjangan yang cukup tinggi antara hasil Ujian Sekolah (US) dan Ujian nasional (UN). Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kondisi tersebut adalah karakteristik soal US yang disusun oleh satuan pendidikan masih berbeda jauh dengan  karakteristik soal UN. Hal ini disebabkan oleh kemampuan guru-guru dalam menulis kisi-kisi dan soal masih sangat bervariasi.

Sebagai upaya untuk menyikapi hal tersebut sekaligus upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Banyumas khususnya di Madrasah Aliyah swasta maka perlu diadakan kegiatan peningkatan mutu pendidik melalui workshop/ pelatihan. Hal ini mendorong Forum Komunikasi Kepala Madrasah Aliyah Swasta (Forkkamas) Kabupaten Banyumas untuk mengadakan workshop penyusunan kisi kisi soal, pembuatan soal dan analisis butir soal bagi guru guru di Madrasah Aliyah Swasta Kabupaten Banyumas. 
II.    NAMA KEGIATAN
Workshop Penyusunan Kisi-Kisi Soal, Penyusunan Butir Soal  dan Analisis Butir Soal bagi guru Madrasah Aliyah Swasta Se-Kabupaten Banyumas
III. MAKSUD DAN TUJUAN
1. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam merumuskan indikator soal (penilaian).
2. Memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun kisi-kisi soal;
3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun butir soal sesuai dengan kaidah penulisan butir soal;
4. Memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menelaah butir soal atau analisis butir soal;

IV. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Hari/ tanggal    :    Selasa-Rabu /4-5 Oktober  2016
Waktu              :    Pukul. 07.30-15.30 WIB 
Tempat             :    MA PPPI Miftahussalam Banyumas
V.    PESERTA
Peserta workshop penyusunan kisi kisi soal, butir soal dan analisis butir soal  berjumlah 70 guru dari utusan MA Swasta Se Kabupaten Banyumas


VI. TARGET YANG DIHARAPKAN
1.    Para peserta memahami pengertian indikator soal, cara merumuskan indikator soal yang dijabarkan dari indikator pencapaian KD, berbagai teknik penulisan indikator soal. Pada akhir kegiatan ini peserta diharapkan memiliki keterampilan tentang cara merumuskan indikator soal, yang akan dijadikan dasar untuk menyusun kisi-kisi soal.
2.    Peserta mampu menyusun kisi-kisi soal (blueprint) sebelum penyusunan butir soal. Dengan adanya kisi-kisi soal, diharapkan peserta akan lebih mudah merumuskan butir soal karena spesifikasi soal yang akan diujikan sudah jelas dan terukur. Disamping itu pemetaan soal yang akan diujikan sesuai dengan SK-KD sudah tertentu, sehingga penyebaran butir soal relatif merata sesuai dengan kebutuhan
3.    Peserta dapat memahami tentang aturan penulisan butir soal menyangkut aspek substansi/materi, konstruksi dan kebahasaan sehingga peserta dapat menyusun soal yang bermutu dan dapat mengukur dengan tepat aspek yang hendak diukur. Pada akhir sesi ini pemahaman peserta diharapkan dapat ditingkatkan, sehingga dapat merumuskan butir soal dengan baik sesuai dengan kaidah yang telah ditetapkan
4.    Peserta diharapkan mampu melakukan analisis butir soal sehingga soal yang disusun memiliki validitas dan  reliabilitas yang terukur, tingkat kesukaran dan daya beda soal yang terukur dengan baik

VII.  PELAKSANA KEGIATAN
   (Susunan kepanitiaan terlampir)
VIII.  PENUTUP
Demikian proposal kegiatan ini kami buat, untuk dapat menjadi periksa adanya. Atas kerjasama bapak/ ibu/ saudara kami sampaikan terima kasih.

Ketua                                                                                   Sekretaris

Khoerul Anam, S.Ag                                                           Sismanan, S.Pd. M.Pd.I
NIP. -                                                                                   NIP. 197603112007101001

Mengetahui
Ketua Forkkmas
                                                        
H. Amir Mahmud, S.Pd
        NIP. –





SUSUNAN PANITIA WORKSHOP PENYUSUNAN KISI KISI SOAL,
PEMBUATAN SOAL  DAN ANALISIS BUTIR SOAL
MA SWASTA SE KABUPATEN BANYUMAS



Pelindung                    : Kasi Pendidikan Madrasah

Penanggung jawab      : H. Amir Mahmud, S.Pd

Ketua                          : Khoerul Anam, S.Ag
Sekretaris                    : Sismanan, S.Pd., M.Pd.I
Bendahara                   : Balqis Fadillah,S.H.I

Seksi seksi :
Seksi Acara                 : Ernawati, S.Ag.M.Pd
Seksi Humas               : M. Asror Sa’bani, S.Pd
Seksi Konsumsi           : Drs. Nur Abdulah, M.Pd.I
Seksi Dokumentasi     : M. Ridwan, S.Pd.I
Seksi Perkapdek          :MA PPPI Miftahussalam Banyumas

























JADUAL KEGIATAN WORKSHOP PENYUSUNAN KISI KISI SOAL,
PEMBUATAN SOAL  DAN ANALISIS BUTIR SOAL
MA SWASTA SE KABUPATEN BANYUMAS

Hari pertama: Selasa 4 Oktober 2016
WAKTU
MATERI
PENYAJI
07.30 – 08.00
Registrasi Peserta
Panitia
08.00 – 08.45
Pembukaan
1.      Pembacaan Ayat Suci AlQur’an
2.      Menyanyikan Lagu Indonesia
3.      Laporan Panitia
4.      Sambutan
-          Ketua Forkkamas
-          Kasi Penma sekaligus Membuka
5.      Doa (Penutup)
Moderator: Ernawati, M.Pd
Siswa MA PPPI MS
Ibu Wendika Oktariani, S.Pd
Khoerul Anam, S.Ag

H. Amir Mahmud, S.Pd
H. Ibnu Asaddudin, S.Ag, M.Pd
Ulul Albab, S.Pd.I
08.45 – 09.00
Break
Panitia
09.00 – 10.15
Teknik merumuskan indikator soal  sebagai dasar untuk menyusun kisi-kisi soal
Tim Fasilitator UMP
Moderator: Ernawati, M.Pd
10.15 – 12.00
Teknik Pengembangan kisi kisi soal
Tim Fasilitator UMP
Moderator: Asror Sa’bani, S.Pd
12.00 – 13.00
Break ISHOMA

13.00 – 14.30
Pengembangan kisi kisi soal (praktek)
Tim Fasilitator UMP dan panitia
Moderator: Khoerul An’am, S.Ag
14.30 – 14.45
Break

14.45 – 15.30
Kaidah penulisan butir soal
Tim Fasilitator UMP
Moderator: Sismanan, S.Pd, M.Pd.I

Hari Kedua: Rabu, 5 Oktober 2016
WAKTU
MATERI
PENYAJI
07.45 – 08.30
Kaidah penulisan butir soal lanjutan
Tim Fasilitator UMP
Moderator: Balqis Fadillah, S.H.I
08.30 – 09.15
Pengembangan Butir Soal
Tim Fasilitator UMP
Moderator: Drs. Nur Abdullah, M.Pd.I
09.15 – 09.30
Break
Panitia
09.30 – 11.15
Pengembangan butir soal (praktek)
Tim Fasilitator UMP dan panitia
Moderator: M. Ridwan, S.Pd.I
11.15 – 12.00
Presentasi kelompok
Tim Fasilitator UMP
Moderator: M. Ridwan, S.Pd.I
12.00 – 13.00
Break ISOMA

13.00 – 14.30
Analisis butir soal
Tim Fasilitator UMP
Moderator: Asror Sya’bani, S.Pd
14.30 – 14.45
Break

14.45 – 15.30
Analisis butir soal lanjutan
Tim Fasilitator UMP
Moderator: Sismanan, S.Pd
15.30 – 15.45
Penutupan
Panitia

Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter