Jumat, 28 Agustus 2009

Menyanyi Sebagai Metode Pembelajaran







Menyanyi ternyata merupakan hal yang disukai tidak hanya oleh anak-anak, namun juga semua umur. Menyanyi dapat menjadi sarana hiburan dan juga pembelajaran bagi semua usia dan golongan. Kita dapat memilih lagu-lagu yang pas untuk acara yang kita selenggarakan. Seperti memilih lagu-lagu rohani yang dapat mengingatkan kita kepada kebesaran Alloh pada saat kita mengisi acara pengajian atau kegiatan keagamaan. Begitu pula dalam pembelajaran disekolah kita bisa memilih lagu-lagu yang pas untuk materi pembelajaran yang kita ajarkan, apabila sesuai maka disamping menghibur dan menjadi jeda dan dapat menghilangkan kejenuhan, menyanyi juga dapat menguatkan pemahaman anak terhadap materi yang kita ajarkan.
Kita jangan berpikir bahwa menyanyi itu adalah tingkah laku dan kebiasaan anak kecil saja. Pengalamanku pada saat malam tasyakuran proklamasi kemerdekaan RI ke 64 kemarin dapat menjadi pengalaman yang tak terduga. Seperti tahun-tahun sebelumnya setiap malam peringatan HUT kemerdekaan RI di tingkat RT, saya ditunjuk untuk menjadi pemberi materi renungan. Walaupun muda, namun mungkin karena profesi saya sebagai guru dan pengurus lembaga desa, maka kegiatan renungan dalam rangka tasyakuran peringatan HUT RI rutin biasanya saya isi. Namun malam itu karena kesibukan saya tidak sempat menyiapkan materi, sehingga ketika saya dijemput oleh ketua RT, saya menyerahkan pemberi materi renungan kepada ketua RT untuk mencari penggantinya. Ketua RT akhirnya membolehkan dengan syarat saya jadi pembawa acaranya.
Secara mendadak saya menyusun acara, pada awalnya saya menyusun seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, artinya kami tidak biasa menyanyikan lagu-lagu pada saat pertemuan bapak-bapak. Namun entah kenapa pada saat pelaksanaannya saya punya inisiatif mencoba memasukan acara menyanyi lagu Indonesia Raya dan Hari Merdeka. Dan tanpa disangka ternyata, para Bapak-bapak dan semua warga yang hadir semangat menyanyikan lagu tersebut bahkan mereka minta tambah lagu Bendera Merah Putih dan dari Sabang sampai Merauke. Dengan hal tersebut acara menjadi lebih meriah dan menjadi pengalaman tahun yang akan datang supaya memasukan menyanyi sebagai salah satu acara dalam malam tasyakuran peringatan HUT RI.
Jadi menyanyi dapat dijadikan sarana pembelajaran kepada siapa saja, baik pembelajaran disekolah ataupun dimasyarakat. Disaat masyarakat kita lebih sering dimanjakan dengan lagi-lagu pop, dangdut atau campur sari atau lagu-lagu lain yang banyak berisi hiburan semata bahkan banyak juga yang isinya hanya mengajak untuk berhura-hura, maka kita dapat menggunakan menyanyi untuk menanamkan nilai-nilai agama dan moral serta cinta tanah air kepada generasi kita dan masyarakat kita pada umumnya.
Selamat menjadi penyanyi dan artis wahai para pendidik!

3 komentar:

Deni mengatakan...

Rajin juga ngeblognya...
Selamat....

n2n roxtil mengatakan...

mau nanya klo langkah2 metode bernyanyi & kelebihan kekuranganny gi mn?

SISMANAN mengatakan...

1. Pilih lagu yang sesuai dengan materi dan kita bisa menyanyikannya.
2. Tempatkan sesuai dengan alur dalam pembelajaran, bisa diawal, tengah atau akhir.
3. Buatlah teks lagunya lalu kita nyanyikan dahulu atau klik pada sound jika pada slide presentase.
4. Ajak anak untuk ikut menyanyikannya.
5. Minta anak untuk menjelaskan makna lagu dan hubungkan dengan materi.
6. dll.

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter