Minggu, 30 Agustus 2009

Iklan: Kentut Membatalkan Puasa?



Alhamdulillah Ramadhan tahun ini anak-anakku dah berpuasa. Si Sulung (7 th) sampai maghrib dan yang no 2 (4 th) sampai dhuhur trus nyambung sampai maghrib. Saat sedang menonton televisi, tiba-tiba “Abi...Umiiii....., ---nangis ---- batal, ---- makan angin ---- batal, kentut ---- batal”. Ternyata mereka melihat iklan salah satu produk susu yang menayangkan seorang kakak mengingatkan adiknya agar tidak menangis dan kentut ketika diair yang akan membatalkan puasa. Ending iklannya adiknya memberikan segelas susu dan berkata “Ini buat abang biar bisa ajarin aku terus”
Iklan tersebut memang ada benarnya tapi ada hal yang belum dijelaskan. Memang benar puasa dapat menjadi momentum untuk saling menguatkan dalam kebaikan atau ibadah. Memang benar dikalangan masyarakat kita terutama pada masa dulu ada yang beranggapan bahwa menangis, kentut didalam air, mandi, keluar darah karena luka dapat membatalkan puasa. Tapi sekarang ini sebenarnya masayarakat sudah mengetahui bahwa hal tersebut tidak memiliki dasar. Sayangnya iklan tersebut belum menjelaskan bahwa hal tersebut tidak membatalkan puasa seseorang. Dengan adanya iklan tersebut malah bagi yang belum mengetahui hukum yang sebenarnya malah menguatkan kembali anggapan yang salah tersebut.
Hal-hal tersebut tidaklah membatalkan puasa, karena yang membatalkan puasa adalah:
1. Makan dan minum dengan sengaja.
2. Jima’ (hubungan suami istri)
3. Mengeluarkan mani dalam kedaan terjaga karena onani, bersentuhan, ciuman atau rangsangan lainnya.
4. Keluar darah haid atau nifas.
5. Memasukan makanan kedalam perut misalnya melaui suntikan atau transfuse.
6. Muntah yang disengaja
7. Keluar dari agama Islam (murtad)
Jadi tidak ada menangis membatalkan puasa, begitu pula kentut walaupun didalam air, walaupun ada kemungkinan air masuk lewat dubur tapi secara normal sebenarnya dubur secara cepat akan menutup kembali setelah kentut. Tapi kalau kentut membatalkan wudhu atau sholat memang betul. Termasuk mandi dan sikat gigi tidaklah membatalkan puasa jika kita tidak menyengajakan diri untuk menelan air yang kita pakai untuk mandi atau sikat gigi.
Sebagai orang tua kita perlu mengetahui bahwa tidak semua iklan atau tayangan televisi benar. Oleh karena itu kita perlu sering mendampingi anak-anak kita ketika nonton televise agar dapat menjelaskan pada anak-anak jika ada tayangan yang tidak pas.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Makasih.

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub

Powered by : pulsamantap.com