Jumat, 02 Oktober 2009

Rapat Jamaah Al-Hikmah


Untuk penataan program dan kegiatan pasca romadhon dan idul fitri maka jamaah mushola al-Hikmah Kedungwuluh Lor pada hari kamis tanggal 1 Oktober 2009 waktu maghrib sampai isya mengadakan silaturrahim dan syuro atau rapat pembahasan kegiatan berjamaah.

Setelah sholat maghrib berjamaah Bapak Sidik memandu acara dan setelah dibuka dengan menyebut asma Alloh dilanjutkan pembacaan ayat suci al_quran oleh Mba Asriyah. Selanjutnya tausiyah oleh Bapak Samingun yang mengajak para jamaah untuk lebih meningkatkan ibadah jangan sampai setelah romadhon dan idul fitri aktifitas ibadah menjadi "nglokro". Selain itu juga mengajak para jamaah untuk meningkatkan ukhuwah islamiyyah dan kepedulian serta keprihatinan terhadap musibah bencana yang melanda saudara-saudara di Padang Pariaman Sumatera Barat.

Selesai tausiyah maka acara selanjutnya syuro jamaah yang dipandu oleh Bapak Sismanan. Adapun hasil yang dicapai dalam syuro tersebut antara lain:
  1. Perlunya peningkatan kegiatan jamaah mushola demi perbaikan pribadi dan masyarakat serta generasi mendatang.

  2. Imam sholat fardlu perlu bergantian untuk melatih jamaah sebagai imam. Sebagai imam Sholat Maghrib adalah Bapak Sarwo Edi dan Bapak Muntoha Tarsim, Imam Sholat Isya adalah Bapak Sidik dan Setyo Sumarso, Imam Sholat Shubuh adalah Bapak Sismanan dan Bapak H. Mahwari. Sedang sholat dhuhur dan ashar imam tidak dijadwal.

  3. Muadzin juga perlu dijadwal dan melibatkan remaja dan anak-anak. Maghrib Panggih, Isya Bapak Paryudi dan Shubuh Bapak Turmudi, Dhuhur Bapak Toha dan Ashar Muhammad Fian.

  4. Pengajian anak-anak ba'da ashar diaktifkan kembali dengan ustadz utamanya Ibu Eni dan Mba Asriyah dibantu/asistensi oleh Puput dan Gita, dkk. Selain itu perlu ditambah materi selain bimbingan baca tulis Al-Quran, maka akan dibuat jadwal yang lebih permanen dan tertata.

  5. Pengajian pekanan tetap dilaksanakan malam jumat maghrib sampai isya, dengan pembicara dari luar jamaah al-Hikmah dan sebagai cadangan dari anggota jamaaah.

  6. Pengajian rutin bada maghrib sampai isya yang biasanya hanya bersama Bapak H. Mahwari; maka karena sudah semakin tua maka akan dibantu oleh Bapak Samingun. Materi adalah hafalan dan terjemah juz amma serta ibadah.

  7. Diadakan kembali kajian al-Quran ba'da shubuh bersama Bapak Sismanan

  8. Keuangan mushola Rp.700.000,00 yang sebagian di ketua dan sebagian sudah dibendahara.

  9. Akan dibuat hijab berupa papan dari kayu dan triplek yang berfungsi sebagai pembatas antara jamaah putera dan putri, pembatas antar kelas pada waktu pengajian anak yang juga akan membatas berkeliarannya para santri. Selain itu pula papan tersebut akan berfunsi pula sebagai papan tulis.



Semoga kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik.








Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter