Minggu, 15 Februari 2015

Khutbah Jumat: SAVE KPK




إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَاء وَاتَّقُواْ اللّهَ الَّذِي تَسَاءلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ
Segala puji bagi Alloh yang telah memberi kenikmatan yang tiada terkira terutama nikmat iman dan Islam serta kesehatan sehingga kita dapat dipertemukan dalam majelis pekanan umat Islam yaitu sholat jum’at.
Sholawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan atas idola dan teladan kita Rosululloh SAW berserta keluarganya para sahabat dan pengikutnya yang setia mengikuti risalahnya semoga kita termasuk didalamnya. Mari kita tunjukkan bahwa kita adalah  umatnya, kita buktikan dalam perilaku keseharian kita bahwa kita adalah pengikut Muhammmad SAW, mari kita taati  syariat yang dibawanya yang insya Alloh akan membawa kita kepada jalan keselamatan dunia akhirat.
Sidang jumat rahimakumulloh,
Salah satu problem besar bangsa kita adalah kita korupsi. Korupsi di Indonesia sudah sangat memprihatinkan dan merusak sendi-sendi perekonomian bangsa. Korupsi telah menghancurkan sistem perekonomian, sistem demokrasi, sistem politik, sistem hukum, sistem pemerintahan, dan tatanan sosial kemasyarakatan di negeri ini.
Beberapa lembaga menempatkan Indonesia berada rangking teratas sebagai negara terkorup didunia. Transparency.org, mencatat dari 146 negara di dunia Indonesia menempati peringkat 5 negara terkorup dan untuk kawasan Asia Pasifik kita menempati nomer wahid.
Sedang dalam upaya pemberantasan korupsi tahun 2012 negara kita menempati urutan118 dari 176 negara. Negara di dunia yang paling bersih dari korupsi adalah Denmark dan Selandia Baru, sedangkan di Asia Tenggara yang terbersih adalah Singapura. Maka menurut kepala transparency international Jose Ugaz “Negara yang berada diurutan terbawah harus mengadopsi tindakan radikal demi rakyat mereka”. (merdeka.com)
Maka segenap komponen bangsa harus mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga ini  telah mengindikasikan bahwa korupsi yang terjadi dewasa ini, terjadi secara sistemik dan masif. Karenanya, KPK, harus menggunakan cara yang luar biasa agar pemberantasan korupsi berjalan efektif termasuk menggandeng berbagai komponen bangsa untuk secara berjamaah memberantas penyakit sosial yang juga banyak dilakukan secara berjamaah.
Inilah yang diungkapkan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dalam Gerakan Berjamaah Lawan Korupsi di Gedung Pusat PP Muhamaddiyah, Jakarta pada Ahad (8/2). “KPK harus mengintegrasikan dan mengonsolidasikan seluruh kekuatan untuk melawan korupsi. Karena alhaqu bila nidhom yaghliibu albaatil binnidhom; kebaikan yang tidak terorganisasi akan dikalahkan kejahatan yang terorganisir,” katanya
Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh PP Pemuda Muhammadiyah dan Indonesia Corruption Watch (ICW) itu, juga diluncurkan Madrasah Antikorupsi. Ini merupakan tempat belajar antikorupsi yang akan diampu oleh PP Pemuda Muhammadiyah dan ICW.
Kaum Muslimin sidang Jumat yang berbahagia,
Indonesia adalah negara terbesar penduduk beragama Islamnya, wajah Indonesia juga wajah Islam. Jika Indonesia dikenal sebagai negara korup maka Islam juga akan  dikenal sebagai agama korup.
"Kami bagian dari Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah bagian dari umat Islam dan Umat Islam adalah bagian terbesar rakyat Indonesia, kami berdiri untuk mendukung KPK. Mendukung anti korupsi, agar Indonesia lebih baik lagi ke depan”.
Didalam al-Qur’an terdapat acuan mengenai korupsi; ada istilah ghulul dalam Q.S Ali Imron ayat 161 yang berarti penghianatan terhadap kepercayaan.
 “Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang. Barangsiapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang itu, Maka pada hari kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu, Kemudian tiap-tiap diri akan diberi pembalasan tentang apa yang ia kerjakan dengan (pembalasan) setimpal, sedang mereka tidak dianiaya.” (Q.S. Al Imran [3] : 161)
Ada istilah al-suht dalam surat Al-Maidah ayat 42, 62 dan 63 yang berarti menjadi perantara dengan menerima imbalan antara seseorang dengan pihak penguasa untuk suatu kepentingan. Lebih lanjut Khalifah Umar bin Khattab mendefinisikan al-suht adalah bahwa seseorang yang memiliki pengaruh dilingkungan sumber kekuasaan menjadi perantara dengan menerima imbalan bagi orang lain yang mempunyai kepentingan sehingga penguasa tadi meluluskan keperluan orang itu.
Sedang dalam hadits salah satu jenis korupsi dinyatakan dengan istilah rusywah yang berarti penyuapan atau bahasa lainnya gratifikasi yakni  penerimaan hadiah oleh para pejabat.
Dalam Islam kita dilarang untuk korupsi:
Ÿ“Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu Mengetahui.” (Q.S. Al Baqarah [2] : 188)
Bila anda ingin mengetahui bagaimana pandangan Islam terhadap permasalahan korupsi silahkan baca buku Buku : Fiqih Antikorupsi terbitan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah yang juga kerjasama dengan PBNU.
Sidang Jumat yang semoga dimuliakan Alloh,
Pemberantasan korupsi merupakan bagian dari amar makruf nahi mungkar yang belum banyak dilakukan secara berjamaah padahal dakwah secara terorganisasi lebih baik dan dicintai Alloh dari pada sendiri-sendiri apalagi dalam sebuah barisan yang rapi. 
Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh. ( Ashshoff: 4)
Upaya pemberantasan korupsi dapat dilakukan dengan pencegahan dan penindakan. Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan pendidikan anti korupsi dan sosialisasi bahaya korupsi, sedang tindakan dapat dilakukan dengan menghukum pelaku korupsi dengan hukuman yang dapat membuat efek jera. Rosululloh pernah tidak mau menyolati jenazah orang yang melakukan korupsi padahal dia adalah seorang pejuang. Kita dapat berperan untuk mencegah korupsi mulai dari diri dan keluarga kita untuk bisa dengan lantang meneriakan “Katakan Tidak Pada Korupsi”.
Barokallooliiwalakum filquranil’dhim wanafa’ani waiyyakum bimaa fihi minal ayati wadzikril hakim wattaqobbalalloohu minna waminkum tilaawatahuu innahu huwasysyamii’un ‘alim.
Waqurrobbighfir warham wa anta khoirurroohimiin


Khutbah kedua

Alhamdulillahilladzi arsalaarosulahu bilhuda wadinilhaq liyudzhirohu ‘ala dieni kullih wakafaa billaahi syahida.
Asyhadu ala illa haillalloh waasyhaduanna muhammadar rosululloh. Allohumma sholi’ala Muhammad wa’ala ali wsohbihi ajma’iin.
Yaa ayyuhalladzi na amanuttaqullooha waltandzurnafsummaa qoddamatlighot  wattaqulloo innallooha khobirummbimata’malun
Sidang Jum’at rahimakumulloh
Korupsi adalah salah satu bentuk dari memakan/mengambil harta orang lain dengan cara batil yang diharamkan oleh Islam. Karena itu pelakunya akan mendapatkan hukuman di dunia dan diakhirat. Seorang muslim semestinya tidak akan melakukan korupsi, karena perbuatan itu merupakan khianat. Maraknya korupsi di negara kita yang mayoritas penduduknya beragama Islam adalah sesuatu yang sangat memprihatinkan dan harus segera diberantas.
Semua pihak harus berpartisipasi untuk pemberantasan ini. Kita harus mendukung lembaga anti korupsi KPK untuk tetap ada. Hukuman yang menyebabkan efek jera hingga hukuman  mati merupakan hal yang sudah selayaknya bagi pelaku korupsi yang mengakibatkan kerugian negara hingga milyaran rupiah. Kita juga dukung Pemerintah kita yang telah bertindak tegas terhadap perbuatan yang merusak generasi bangsa yakni para pengedar narkoba. Sebenarnya termasuk yang merusak generasi bangsa juga adalah budaya pergaulan bebas yang besok akan dikemas dalam valentine days. Kita muslim kita tidak ikut-ikutan budaya yang merusak generasi bangsa.
Mari untuk mengakhiri majelis ini kita berdoa semoga Alloh senantiasa memberi petunjuk kepada kita untuk bisa istiqomah dengan syariat Islam ditengah jaman edan.
Alhamdulillahi robbil’alamin
Allohummaghfir lilmukminiina walmukminat walmusliminawal muslimat al ahyai minhum wal amwat innaka sami’ummujibdda’wat.
Robbana lazighquluubana ba’daidzhadaina wahablana milladungkarohmah iinaka anntalwahhab
Robbana dholamna amfusana waillamtaghfirlana watarhamna lanakunanna minal khosirin
Robbana hablana minazwazina wadzurriyatina qurrota a’yun waj’alna lilmuttaqiina imaamah.
Robbana aatina fiddunya khasanah wafil akhiroti khasana waqinaa ‘adzabannar
Subhanarobbika rabbil ‘izzati ‘amma yasifuun wasalamun ‘alal mursalin walhamdulillahi robbil ‘alamin.
Waladzikrulloohu akbar


Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter