Sabtu, 05 September 2009

Cahaya di Dalam Gua



Malam itu ketika Rosululloh sedang seorang diri dalam Gua Hiro yang gelap dalam suasana malam yang gelap gulita pula, tiba-tiba datanglah Malaikat Jibril yang mengejutkannya dengan suara keras berkata : “Bacalah”maka Rosululloh menjawab, “Aku bukan pembaca” lalu malaikat memegang dan memeluk beliau, dan setelah itu melepaskannya kembali seraya mengucapkan kembali “Bacalah”, maka Rosulullohpun menjawab lagi ”Aku bukan pembaca” lalu malaikat memegang dan memeluk beliau lagi , dan setelah itu melepaskannya kembali seraya mengucapkan kembali “Bacalah”, maka Rosulullohpun menjawab lagi ”Aku bukan pembaca” lalu malaikat memegang dan memeluk beliau, dan setelah itu melepaskannya kembali seraya mengucapkan kembali “Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah olehmu, dan Tuhanmulah yang Maha Mulia, yang mengajarkan manusia dengan perantaraan pena, mengajar manusia apa yang tidak diketahuinya”.
Itulah gambaran tentang ayat Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad, yaitu surat Al-Alaq ayat 1-5. Itulah cahaya yang muncul pertama di Gua Hiro yang menjadi awal turunnya cahaya-cahaya berikutnya kepada manusia pilihan Tuhan. Cahaya yang akan menghiasi manusia dari kegelapan kepada petunjuk jalan yang lurus kepada kehidupan yang bahagia dunia akhirat. Sungguh siapa yang mau mengikuti jalan yang ditunjukkan oleh cahaya al-Quran maka itulah jalan keselamatan. Barangsiapa yang berpaling dan tidak mau mengikuti jalan-Nya maka sungguh bagi-Nya penghidupan yang sempit dan diakhirat ia akan dibangkitkan dalam keadaan buta dan termasuk orang yang merugi.
Al-Quran adalah kitab petunjuk dari pencipta dan penguasa alam semesta, Alloh SWT. Dialah yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana, tiada kesalahan pada apa yang diturunkannya dan lengkaplah dan cukuplah ia dijadikan pedoman dalam meniti kehidupan. Marilah kita selalu membaca, mengkaji isi-isinya dan mengamalkan secara nyata dalam aktifitas hidup kita.

Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter