Kamis, 30 April 2009

PNPM-MP: Talang Air Sawah Sudimara


Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia berusaha memenuhi kebutuhan primer yaitu makanan. Dalam sejarah hidup manusia dari masa kemasa mengalami perkembangan terutama dalam upaya pemenuhan kebutuhan bahan makanan pokok. Diantara perubahan tersebut juga adanya perubahan semakin banyaknya masyarakat yang makanan pokoknya ketela, sagu, jagung akhimya beralih nasi.

Sekarang ini nasi merupakan bahan makanan pokok penduduk sebagian besar penduduk Indonesia termasuk penduduk Desa Kedungwuluh Lor. Makanan pokok artinya makanan yang setiap hari mesti dimakan untuk memenuhi kebutuhan karbahidrat atau sebagai sumber tenaga. Nasi berasal dari biji beras yang dimasak sebagai makanan utama.Meskipun nasi dapat digantikan oleh makanan lainnya, namun nasi memiliki nilai tersendiri bagi orang yang biasa makan nasi dan tidak dapat dengan mudah digantikan oleh bahan makanan yang lain.

Di Indonesia pada mulanya tanaman padi diusahakan didaerah tanah kering dengan sistim ladang, akhirnya orang berusaha memantapkan hasil usahanya dengan cara mengairi daerah yang curah hujannya kurang. Tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi adalah tanah sawah. Tanah sawah adalah lahan pertanian yang membutuhkan air dalam jumlah yang cukup besar.
Sawah-sawah di Desa Kedungwuluh Lor sebenarnya sudah banyak yang dapat mengambil air dari saluran daerah irigasi D.I Kediri Karanglewas. Namun untuk komplek Sudimara karena lokasinya yang terpisahkan oleh sebuah sungai maka belum bisa mendapatkan air sepanjang tahun atau pertanian tadah hujan yang hanya dapat mengolah sawah setahun sekali. Oleh karena itu permasalahan pokok pertanian dilokasi Sudimara adalah bagaimana dapat mengalirkan air kelahan pertanian tersebut.

Hasil musyawarah masyarakat tingkat dusun yang terkait dengan PNPM-MP (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat - Mandiri Perdesaaan) diteruskan musyawarah tingkat desa mengamatkan untuk mengusahakan talang air yang mengambil dari saluran irigasi yang berjarak + 600 meter. Jika hal tersebut dapat direalisasikan maka harapan petani untuk panen lebih banyak lagi dapat terwujud sehingga dapat pula meningkatkan taraf hidup para petani. (Latar Belakang Proposal PNPM-MP Desa Kedungwuluh Lor Patikraja Banyumas, ditulis oleh Sismanan/Ketua Tim Penulis Usulan)

Tidak ada komentar:

Kata Kunci Guru Dalam: Google,artikel,Blogger guru,guru kata,kata guru,guru dai,kata kunci,keywords,sertifikasi guru,artikel,Blogger,guru,guru kata,kata guru,kata kunci,sismanan,mts muhammadiyah patikraja,ma muhammadiyah purwokerto,info banyumas,dai banyumas,sertifikasi guru,patikraja guyub
Flag Counter